Ada 900 Juta Smartphone Android Terjangkit Malware Baru Melalui Celah Quadrooter

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 09 Agu 2016 | 13:06

Semakin berkembangnya sistem operasi Android, ternyata membuat semakin berkembang pula malware atau virus. Para Hacker bahkan mulai menghadirkan malware baru yang menginfeksi berbagai perangkat Android khususnya yang terhubung dengan jaringan internet dan memiliki akses root maupun unroot.

Meski Google terus menghadirkan pembaharuan celah keamanan, ada beberapa hacker yang justru berhasil membobol celah tersebut. Celah keamanan yang sangat rentan tersebut diberi nama Quadrooter yang terus diidentifikasi oleh para peneliti keamanan.

Menurut perusahaan keamanan Check Point, para hacker berpotensi memanfaatkan celah Quadrooter untuk menanamkan malware. Bahkan menurut Adam Donenfeld selaku Check Point Senior Security Researcher, setidaknya ada 900 juta perangkat Android yang telah memiliki celah keamanan Quadrooter dan bisa disusupi malware baru. Dengan celah keamanan ini, pengguna Android tidak akan mengetahui bila ada aplikasi berbahaya yang terinstal di smartphone miliknya.

Munculnya celah keamanan membuat Seorang hacker bisa memasukkan aplikasi berbahaya yang sudah dibekali virus dan malware dengan mudah. Pasalnya aplikasi berbahaya tidak bisa masuk melalui sistem operasi biasa yang memiliki sistem keamanan yang rapat. Apalagi, sistem Android terbaru saat ini membutuhkan izin khusus untuk memasang aplikasi baru. Dengan celah keamanan Quadrooter, aplikasi berbahaya bisa mengambil keuntungan seperti mengambil data pribadi pengguna.

Yang menarik, selama penelitian yang dilakukan Check Point, banyak perangkat Android yang memiliki celah keamanan ialah perangkat yang menggunakan chipset buatan Qualcomm. Ini menarik, karena Qualcomm merupakan chipset yang cukup banyak digunakan para produsen karena terkenal memiliki performa tinggi. Selain itu, celah Quadrooter juga bisa menyerang kemampuan keylogging, GPS hingga rekam video dan audio.

Menyadari hal tersebut, Qualcomm melakukan update untuk menutup celah Quadrooter tersebut. Update tersebut bahkan mulai menyambagi beberapa perangkat seperti milik HTC. Qualcomm mengatakan update ini memang tidak akan serentak. Namun, akan berusaha untuk menyebar ke seluruh produk smartphone dengan chipset Qualcomm. Selain itu, Google juga diharapkan segera meningkatkan sistem keamanan dalam sistem operasinya.

Berikut ini beberapa perangkat yang diduga memiliki celah quadrooter dan terkenal virus dan malware.

Cek apakah smartphone kamu terjangkit Quadrooter atau tidak!

Baca juga artikel:
Download Antivirus Android Ini Buat Keamanan Handphone
Malware Baru Serang Microsoft Office 365
Android Malware Terbaru Menginfeksi Ribuan Aplikasi dan Sulit Dihapus

Artikel Lainnya

Komentar