Facebook Mulai Uji Coba Filter Selfie Baru Tema Olimpiade

Oleh Aris Wibowo on Senin, 08 Agu 2016 | 11:35

Facebook sepertinya masih berusaha untuk menghadang laju media sosial lainnya seperti Snapchat. Hal ini terlihat dengan pengumuman bahwa baru-baru ini Facebook tengah melakukan uji coba fitur baru.

Dalam fitur baru ini, akan muncul kamera pada kolom awal status jejaring sosial. Kamera ini memungkinkan pengguna untuk memotret dan mengaplikasikan filter selfie baru. Bahkan dalam filter tersebut kamu bisa memilih tema olimpiade yang saat ini tengah berlangsung di Brasil.

Fitur selfie baru ini dinilai menjadi salah satu bukti nyata dari janji CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang menyebut akan fokus dalam menghadirkan video sebagai inti pada seluruh apilkasi yang dinaunginya. Fitur ini juga merupakan produk pertama Facebook yang didukung oleh integrasi resmi dari filter animasi MSQRD.

Dengan menghadirkan teknologi pengenalan obyek MSQRD, pengguna dapat memanfaatkan gesture usap untuk mengaplikasikan lukisan wajah bertema olimpiade yang berbeda. Filter yang tersedia dengan tema tersebut di antaranya bendera Brasil dan kalimat “Go Canada!” yang mampu diaplikasikan sesuai dengan kontur wajah pengguna.

Pengguna juga dapat menambahkan filter grafis statis pada lapisan selanjutnya, seperti “Team Canada”, serupa geofilter milik Snapchat, pada foto atau video yang direkam atau diunggah, seperti yang dilaporkan oleh Techcrunch. Fitur bernama “camerafeed” ini mulai diluncurkan untuk perangkat iOS dan Android terhitung tanggal 5 Agustus. Sayangnya, filter ini baru bisa dinikmati pengguna Facebook di Amerika menyusul negara lain beberapa hari kemudian.

Facebook juga mengungkapkan uji coba filter baru ini akan berakhir bersamaan dengan selesainya ajang Olimpiade 2016. Selain itu, Sambutan yang diberikan pengguna selama pengujian berlangsung ini akan menjadi penetuan bagi Facebook untuk meluncurkan fitur baru ini ke publik atau menyimpannya terlebih dahulu sebelum dikembangkan lebih jauh.

Sebelumnya, beredar kabar pula bahwa Facebook telah mengembangkan fitur Stories yang mirip Snapchat dengan nama fitur Quick Updates. Sayangnya, Facebook mengaku belum akan meluncurkan fitur ini dan masih mencoba mengembangkan fitur ini lebih jauh lagi.

Baca juga artikel:
Update Facebook Messenger Hadirkan Fitur Instant Articles
Tiru Snapchat, Instagram Kini Punya Fitur Instagram Stories
Dua Fitur Baru Snapchat Buat Interaksi Antar Pengguna Kian Seru

Artikel Lainnya

Komentar