Tiru Snapchat, Instagram Kini Punya Fitur Instagram Stories

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 03 Agu 2016 | 17:15

Persaingan ternyata tidak hanya terjadi di pasar gadget. Pasar aplikasi pun juga penuh dengan persaingan, khususnya aplikasi media sosial. Seperti yang dilakukan Facebook yang berkali – kali mencoba membuat tiruan dari Snapchat.

Instagram Stories

Sebut saja aplikasi Poke dan Slingshot, sayangnya kedua aplikasi tersebut gagal. Kini Facebook kembali berusaha menghadirkan aplikasi tandingan untuk hadang Snapchat melalui fitur baru instagram.

Melalui fitur terbaru bernama Instagram Stories, pengguna bisa membuat foto dan video yang akan hilang dalam waktu 24 jam di instagram, persis atau mirip dengan fitur Snapchat stories. Kamu pun bisa menambahkan berbagai gambar dan tulisan di dalam foto serta video yang kamu unggah.

Kevin Systrom selaku CEO Instagram mengakui bahwa Instagram Stories memang terinspirasi dari Snapchat Stories. Namun, menurutnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut, karena itu merupakan hal yang biasa dalam dunia teknologi.

Baca Juga Instagram Hadirkan Fitur Baru Penerjemah Teks

Kevin mencontohkan bagaimana instagram menjadi yang pertama mempopulerkan fitur filter pada foto, dan bagaimana News Feed buatan Facebook kemudian ditiru oleh LinkedIn dan Twitter. Gmail juga bukan layanan email pertama didunia, Google Maps juga bukan peta onlie pertama, bahkan iPhone juga bukan smartphone pertama. Jadi tiru meniru adalah hal yang lumrah menurutnya. Yang terpenting, bagaimana kamu bisa menerapkan inovasi yang kamu tiru secara tepat ke dalam produk yang kamu miliki.

Instagram Stories

Belajar dari kegagalan Facebook, fitur terbaru Instagram, instagram Stories di tempatkan dalam aplikasi utama Instagram. Pengguna bisa melihat stories yang dibuat oleh teman atau selebriti yang kamu suka dibagian atas layar, sebelum tampilan Feed.

Apabila ada pengguna yang baru membuat stories di Intagram Stories, foto profil mereka akan memiliki warna khusus di sekelilingnya. Seperti Snapchat, pengguna instagram juga bisa melakukan tap untuk langsung berpindah ke stories berikutnya.

Pengguna juga bisa menggeser layar atau swipe untuk melihat stories pengguna instagram lainnya. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat stories yang kamu posting.

Sayangnya, kamu tidak bisa memberikan komentar atau like dalam fitur terbaru instagram ini. Namun, kamu bisa menanggapi sebuah stories dengan cara mengirimkan instagram direct.

Fitur terbaru Instagram Stories baru akan dirilis minggu depan pada Instagram versi Android maupun iOS. Kita nantikan saja.

Baca juga artikel
Instagram Hadir dengan Ikon dan Tampilan Baru Yang Minimalis
Tips Menyalakan Notifikasi Instagram Terkait Perubahan Algoritma
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browse 

Artikel Lainnya

Komentar