Update Google Play Store Kini Buat Aplikasi Makin Irit Memori

Oleh Aris Wibowo on Senin, 25 Jul 2016 | 10:40

Beberapa hari lalu, Google kembali menghadirkan update Google Play Store.Update ini diperlukan karena google terus menghadirkan aplikasi yang kian banyak. Hal ini tentu mengakibatkan kebutuhan konsumesi data internet hingga memori yang besar. Dalam update terbaru ini, Google Play sudah bisa menampilkan berapa besar memori yang diperlukan oleh sebuah aplikasi atau upgrade aplikasi dengan akurat. Dengan algoritma baru, Google juga mampu mengurangi sedikit ukuran unduhan atas pembaharuan aplikasi yang sedang dipasang pengguna di smartphone.

Nantinya, jika sebuah update membutuhkan memori sebesar 2,91 MB, maka angka tersebutlah yang akan tertulis dalam keterangan. Dengan update Google play store terbaru ini, pengguna smartphone bisa lebih irit kuota data internet dan memori penyimpanan ponsel.

Update ini juga membantu menentukan apakan kamu memang hendak mengunduh aplikasi atau update yang menelan memori yang tidak sedikit. Atau memastikan ponsel pintar kamu memiliki memori yang cukup jika ingin mengunduh aplikasi yang memerlukan memori besar.

Dalam updae ini, Google menghadirkan algoritma baru. Dengan algoritma ini, sebuah aplikasi akan memakan memori penyimpanan yang semakin kecil atau sedikit. Sebagian besar (sekitar 98%) aplikasi Android hanya mengunduh perubahan–perubahan yang diberikan saat mengunduh update aplikasi tersebut. Setelah itu, aplikasi akan menggabungkan file baru dengan file lama. Maka dengan algoritma baru dari Google ini, memori yang dibutuhkan sebuah aplikasi saat update akan berkurang hingga 50 persen.  Tidak hanya itu, Algoritma kompresi dari Google juga akan dapat menekan memori yang diperlukan oleh game–game besar sekitar 12 persen.

Bagi kamu yang menggunakan smartphone kelas menengah keatas mungkin memori internal bukanlah sesuatu yang penting. Pasalnya ponsel di kelas tersebut memiliki memori yang besar. Namun, untuk pengguna yang menggunakan smartphone dengan memori terbatas, update Google play store ini cukup membantu.

Dengan algoritma baru, maka aplikasi di Google Play Store akan bisa diunduh lebih cepat. Tidak hanya itu, Kuota internet juga lebih hemat, memori internal smartphone juga lebih lega.

Baca juga artikel:
8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google
Aplikasi Google Trips Bantu Travellers Kenali Lokasi Tujuan Sebelum Berlibur
Google Play Hadirkan Pemberitahuan Bila Aplikasi Mengandung Iklan

Artikel Lainnya

Komentar