Spotify Hadirkan Fitur Discover Weekly Untuk Manjakan Pengguna

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 22 Jul 2016 | 15:45

Dirilis sejak akhir bulan maret 2016, layanan streaming musik Spotify terus berkembang. Bahkan, Sunita Kaur (Manging Director Spotify Asia) mengungkapkan bahwa masyarakat indonesia telah menghabiskan waktu sebanyak 1.165 miliar menit dalam menikmati aplikasi ini selama tiga bulan beroperasi di tanah air. Jumlah ini sudah termasuk waktu yang digunakan pengguna untuk mendengarkan lagu secara offline di Spotify.

Sunita juga menambahkan kalau para pengguna layanan streaming ini rata-rata meluangkan waktu selama 1,5 jam untuk menikmati layanan Spotify setiap harinya. Mayoritas pengguna menikmati musik pada pukul 12.00–16.00 dan 20.00–23.00. Menurut Chelliah, Head of Public Relations Spotify, Asia Tenggara, beberapa genre musik yang menjadi favorit di Indonesia ialah Jazz, EDM dan Indie.

Demi memudahkan para pengguna di tanah air untuk menemukan musik yang sesuai dengan selera musik, baru-baru ini Spotify pun merilis sebuah fitur baru bernama Fitur Discover Weekly. Fitur ini sebelumnya sudah dirilis secara global sejak Juli 2015 lalu, namun baru masuk Indonesia beberapa hari ini.

Dalam fitur ini, Spotify akan menghadirkan sebuah playlist yang berisi 30 lagu dengan total durasi dua jam. Playlist tersebut akan diperbarui setiap hari senin setiap minggunya. Lagu-lagu di playlist tersebut akan dipilih berdasarkan musik yang sering kamu dengar, serta lagu-lagu lain yang berada di playlist yang sama dengan lagu favorit kamu.

Kamu bisa menemukan fitur Discover Weekly dengan memilih Discover di halaman browse. Setelah itu, kamu akan menemukan sebuah album berjudul Discover Weekly yang berada di pojok kiri atas. Album tersebut akan menggunakan foto profil kamu sebagai cover. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kalau album ini benar – benar eksklusif untuk pengguna Spotify.

Untuk mendapatkan lagu yang tepat dan sesuai selera kamu, kamu bisa menambahkan lebih banyak lagu yang kamu suka di Spotify library. Kamu juga bisa men-skip atau melewatkan lagu yang tidak kamu suka. Hal ini akan membuat algoritma Discover Weekly bisa menilai lagu yang pantas masuk playlist rekomendasi.

Dengan fitur ini, diharapkan Spotify kian mendapatkan popularitas.

Baca juga artikel:
Aplikasi Spotify Sekarang Bisa Dinikmati Lewat Android TV
Daftar Aplikasi Yang Bisa Dimainkan Bersama Spotify
Mengenal Fitur Musik Streaming Online Spotify

 

Artikel Lainnya

Komentar