Update Google Maps Kini Hadirkan Jadwal TransJakarta dan Peta yang Lebih Baru

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 21 Jul 2016 | 17:46

Untuk kamu warga Jakarta yang terbiasa menggunakan TransJakarta, kini tidak perlu lagi memprediksi kedatangan bus. Pasalnya, Google telah bekerja sama dengan PT. Transportasi Jakarta membuat sebuah fitur terbaru yang bernama Transit. Fitur ini hadir dalam update Google Maps terbaru.

Nantinya Fitur Transit ini akan menyediakan informasi publik transportasi pertama di Indonesia. Informasi yang disampaikan kepada pengguna bersifat real-time sehingga memberikan data yang cukup akurat. Hingga saat ini, TransJakarta menjadi modal transportasi pertama yang menyediakan informasi real-time ke pengguna Google Maps versi mobile.

“Kami ingin agar Google Maps bisa menjadi Asisten navigasi pengguna perangkat mobile dalam melakukan perjalanan. Kami juga mendorong pengguna untuk lebih menjelajah kota dan mengeksplorasi tempat-tempat menarik di kota tersebut.” Ujar Suren Ruhela, Director Google Maps di Jakarta.

Untuk menggunakan fitur transit dalam update terbaru Google Maps, kamu cukup memasukkan tempat pemberangkatan dan tempat tujuan. Lalu, secara otomatis, Google akan memberitahukan informasi rute dan nomer koridor TransJakarta yang perlu kamu tumpangi. Kamu juga bisa melihat jam berapa bus akan sampai di halte pilihan, beserta estimasi lama perjalanan kamu.

Pihak TransJakarta sendiri yang diwakili oleh Budi Kaliwono, Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta mengaku senang bisa bekerja sama dengan Google. Ia berharap agar layanan ini dapat menjadi tonggak bagi perkembangan pelayanan busway kedepannya. Lebih lanjut lagi kerjasama ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik. Pasalnya, fitur ini dapat memberikan informasi secara akurat seputar waktu perjalanan konsumen. Fitur ini sudah dapat kamu gunakan untuk mencari informasi bus TransJakarta untuk 12 koridor dan 68 rute.

Selain, fitur transit untuk TransJakarta, dalam update Google Maps ini juga hadir peta satelit yang lebih jelas dan lebih detail. Gambar peta yang dihadirkan lebih berwarna, lebih terang dan lebih update. Fitur ini sudah bisa digunakan untuk Google Maps Android maupun iOS.

Download Google Maps untuk Android
Download Google Maps untuk iOS

Baca juga artikel:
Google Maps versi Mobile Kini support Lebih Dari Satu Tujuan
Update Google Maps Kini Bisa Cek Tarif Taksi Online
Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya!

Artikel Lainnya

Komentar