Tiruan Game Pokemon Go Makin Ramai, Ada yang Dari Indonesia!

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 12 Jul 2016 | 15:52

Dunia gaming saat ini tengah dihebohkan dengan game baru dari Nintendo yakni Pokemon Go. Game yang berbasis lokasi ini akan meminta pemain untuk menjelajah lingkungan sekitar untuk berburu dan menangkap Pokemon liar yang ada di sekitar kamu.

Sayangnya, game mobile ini belum tersedia secara global. Tak heran, industri game mobile dari Negeri Tirai Bambu kembali menggebrak perhatian para gamer lewat keberadaan game tiruan Pokemon Go untuk perangkat iOS.

Salah satu game tiruan Pokemon Go ialah City Spirit GO. Game iOS ini bahkan sedang menjadi primadona dengan meraih peringkat atas dalam App store iOS di wilayah Cina. Hadir dengan konsep yang sama, game buatan pengembang Xiayu Sun ini memperoleh respon yang baik bagi para gamer yang belum bisa memainkan game Pokemon Go.

Game ini memiliki beberapa kemiripan dengan Pokemon Go mulai dari pemetaan lokasi pemain untuk menghadirkan aksi menangkap monster ala game buatan Nintendo. Tidak hanya itu, desain karakter pun dibuat mirup dengan penggambaran pokemon yang ada di game mobile terbaru ini.

Meski tidak dilengkapi teknologi berbasis AR layaknya Pokemon Go, game City Spirit Go memiliki beragam fitur standar yang umumnya dimiliki sebuah game pertualangan monster seperti evolusi monster, sistem duel dan lain-lain.

Ada juga game tiruan lainnya yakni Go Catch Em All! Hungry Monster IO World Chasing Color Dots. Dikembangkan oleh pengembang game asal Vietnam, game ini juga mulai populer di app store.

Yang menarik sekaligus ironis, di Indonesia juga muncul game tiruan Pokemon Go yakni Poke Poke Go!. Game iOS buatan Lynn yang ini bahkan sudah menduduki peringkat atas aplikasi gratis iOS. Game ini bahkan secara terang-terangan menyadur karakter pokemon secara bebas tanpa izin. Hal ini memang disayangkan banyak pihak.

Seperti diketahui, Indonesia dan Cina termasuk salah satu dari banyak negara yang belum bisa mendapatkan game Pokemon Go secara resmi di Google Play Store maupun App Store. Kondisi ini nampaknya menjadi peluang emas bagi pengembang game untuk mengikuti jejak game populer ini. Semoga saja game ini bisa segera dinikmati secara resmi di Indonesia.

Baca juga artikel:
Cara Download Pokemon Go di Android dan iOS untuk Pengguna Indonesia
Solusi Permasalahan Lokasi (GPS) Pokemon Go di Perangkat Android
Tips Main Pokemon Go Biar Cepat Naik Level dan Banyak Tangkapan Pokemon

Artikel Lainnya

Komentar