Qualcomm Snapdragon 821 Dirilis Lebih Cepat Dari Snapdragon 820

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 12 Jul 2016 | 17:07

Qualcomm Snapdragon 820 menjadi salah satu prosesor yang laris manis digunakan berbagai produsen untuk smartphone premium. Prosesor yang dirilis pada awal tahun ini, ternyata memiliki performa yang cukup baik dan tinggi.

Tak heran, prosesor ini selalu menjadi andalan berbagai smartphone mulai dari Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Sony, OnePlus, Asus hingga lainnya. Guna menghadirkan peningkatan performa, Qualcomm pun merilis prosesor mobile terbaru yang bernama Qualcomm Snapdragon 821.

Prosesor baru ini sejatinya memiliki basis yang sama dengan Snapdragon 820. Bedanya, Qualcomm menghadirkan sejumlah perbaikan. Qualcomm sepertinya fokus untuk meningkatkan performa chipset ini meski tidak terlalu banyak.

Sejauh ini, prosesor premium Qualcomm Snapdragon 820 terbukti sebagai prosesor yang cukup mumpuni dalam hal performa. Prosesor ini juga terkenal memiliki penggunaan daya yang efiien. Prosesor ini bahkan jauh lebih baik dibanding Snapdragon 810 yang diluncurkan tahun lalu.

Seperti yang diketahui, Snapdragon 810 sempat menjadi batu sandungan bagi Qualcomm. Pasalnya, Prosesor tersebut memiliki panas yang berlebih. Prosesor ini bahkan sempat dikritik habis-habisan karena performanya juga mengecewakan. Maka tak heran, Qualcomm terus berusaha mengembangkan prosesor yang kian baik tiap tahunnya.

Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon 821 dibuat berdasarkan pengembangan Snapdragon 820. Prosesor ini masih menggunakan desain CPU Qualcomm Kyro. Hanya saja, performa prosesor terbaru ini telah meningkat hingga 10 persen. Prosesor ini memiliki 4 inti yang menghadirkan kecepatan maksimal 2,4 Ghz. Bandingkan dengan prosesor sebelumnya yang hanya memiliki kecepatan 2,2 Ghz.

Prosesor yang dikenal dengan nomer model MSM8996 Pro ini juga dikabarkan mengusung prosesor grafis Adreno yang juga meningkat. Sayangnya, Qualcomm belum menjelaskan sektor GPU ini.

Qualcomm menyatakan bahwa Qualcomm Snapdragon 821 akan mulai digunakan pada smartphone dan gadget lainnya di akhir tahun ini. Bahkan, beberapa smartphone baru di semester kedua 2016 sudah dirumorkan menggunakan prosesor terbaru Qualcomm ini.

Yang unik, Qualcomm juga sudah menyiapkan prosesor generasi baru Qualcomm Snapdragon 830 untuk tahun 2017 mendatang.

Baca juga artikel:
ZTE Nubia Z11 Resmi Dirilis Dengan Snapdragon 820 dan RAM 6 GB
8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google
Rumor Terbaru Samsung Galaxy Note 7 Muncul, Dirilis 2 Agustus

Artikel Lainnya

Komentar