8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 07 Jul 2016 | 15:02

Kembali melanjutkan tradisi nama sistem operasi miliknya, Google akhirnya memperkenalkan sistem operasi terbarunya dengan nama Android Nougat. Peluncuran nama sistem Android N ini berselang tujuh minggu setelah Google memperkenalkan sistem ini dalam ajang conference for software engineers. Walaupun Google belum memberi pengumuman resmi kapan sistem Android terbaru ini dirilis secara global, namun beberapa fitur andalannya sudah diketahui. Namun, diperkirakan sistem ini akan dirilis pada akhir tahun.

Lalu, apa saja fitur baru dalam Android Nougat ini?

  • Android Nougat memungkinkan pengguna menjalankan sebuah aplikasi tanpa harus menginstal aplikasi tersebut dalam perangkat. Fitur ini juga akan bisa digunakan pada perangkat Jelly Bean dan dibawahnya. Selain itu, fitur multitasking terbaru memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi secara bersamaan.
  • Google menghadirkan sistem keamanan yang baru. Android Nougat hadir dengan spesifik enkripsi yang lebih baik.
  • Google juga menghadirkan fitur baru split screen yang memudahkan pengguna untuk berpindah aplikasi dengan mudah. Fitur ini memang tidak sepenuhnya baru karena beberapa produsen seperti Samsung sudah menghadirkan fitur ini.

  • Dengan fitur baru Google Android Nougat ini, pengguna kini dapat langsung membalas pesan dari notifikasi. Selain itu, juga terdapat ‘bundled notification’ yang akan mengelompokkan notifikasi dari aplikasi yang sama. Notifikasi untuk Android wear pun kian sempurna.

  • Shortcuts dalam launcher juga memudahkan pengguna untuk membuat shortcuts custom berbagai aplikasi.
  • Google juga menjanjikan baterai yang lebih hemat dan performa grafis yang lebih baik dalam Android Nougat. Akan ada pilihan untuk mengatur kualitas gambar dan video.
  • Fitur baru Android yang dikembangkan Google lainnya ialah fitur night mode. Dengan fitur ini, secara otomatis layar akan menjadi redup ketika malam. Night mode dapat berguna bagi kesehatan mata pengguna dan membuat baterai lebih hemat.
  • Android Nougat akan support Emoji Unicode 0. Emoji akan nampak lebih baik dan mirip wajah manusia dengan berbagai pilihan warna kulit.
  • Fitur baru Android Nougat lainnya ialah fitur Virtual Reality. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjalankan teknologi VR dalam smartphone.
Baca juga artikel:
Android N Atau Nougat Resmi Dirilis Membawa Fitur VR DayDream!
Android N Akan Lebih Ramah Terhadap Pengguna Disabilitas
Bocoran Fitur dan Tampilan Android N Dari Google

Artikel Lainnya

Komentar