Microsoft Hadirkan Update Windows 10 Versi Ulang Tahun

Oleh Aris Wibowo on Sabtu, 02 Jul 2016 | 14:12

Microsoft kini semakin yakin bahwa sistem operasi miliknya telah diterima pasar. Hal ini terbukti dengan data terbaru yang menyebutkan bahwa sistem Windows 10 telah diinstal dalam lebih dari 350 juta perangkat di seluruh dunia. Angka ini terbilang sangat baik untuk sebuah penggunaan sistem operasi desktop. Microsoft juga mengatakan bahwa kepuasan pengguna terhadap sistem ini lebih tinggi dibandingkan sistem windows versi sebelumnya.

Menyadari hal tersebut, Microsoft akan mengumumkan pembaharuan terbaru atau update terbaru Windows 10 Aniversary. Update versi ulang tahun ini kabarnya akan diumumkan pada 2 Agustus mendatang. Update ini terbilang merupakan update terbesar pertama kali untuk windows 10. Pemberitahuan ini bahkan sudah dibocorkan sejak Konfrensi Build yang digelar maret lalu. Tentu ypdate ini membawa berbagai peralatan baru hingga fitur baru untuk pengguna sehingga semakin puas dengan sistem ini.

Salah satu yang diunggulkan Microsoft dalam update ulang tahun ini ialah rangkaian fitur Stylus yang telah diperharui dengan Windows Ink dan Ink Workspace. Fitur ini juga didukung oleh Stickey note dan dukungan Cortana. Fitur ini juga mendukung screen capture yang bisa diperoleh menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada juga rangkaian API baru dalam update Windows 10 ini. API baru ini memungkinkan aplikasi memanfaatkan peralatan menggambar dengan lebih baik. API ini termasuk penggaris yang dapat deprogram menjadi aplikasi Universal Windows Platform (UWP) apa saja.

Windows 10 Anniversary update ini juga menyediakan sejumlah pembaruan untuk versi pengembang. Hal ini bisa terwujud dengan implementasi bawaan Ubuntu Bash. Implementasi ini memungkinkan kode Linux bekerja pada sistem operasi ini dan menjadi terminal Unix pertama untuk Windows.

Selain fitur dan pembaharuan diatas, update Windows 10 juga menghadirkan aplikasi UWP untuk Skype, kemampuan augmentasi Cortana melalui aplikasi dan bot, mode gelap untuk pecinta gaya gothic, kemampuan cortana untuk tetap berfungsi saat pengguna telah keluar peragkat. Ada juga otentikasi biometric untuk Windows Hello dan lebih banyak pembaharian dari Browser Edge.

Kita tunggu saja 2 Agustus mendatang.

Baca juga artikel:
7 Alasan Agar Kamu Segera Pindah Ke Windows 10 Sebelum 29 Juli
Windows 10 Baru Digunakan 300 Juta Perangkat, Targetnya 1 Miliar Pada 2018
Microsoft Rilis Update Windows 10 dan Program Windows 10 Beta

Artikel Lainnya

Komentar