Aplikasi untuk Mudik yang Wajib Ada di Smartphone

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 29 Jun 2016 | 09:21

Musim mudik segera dimulai. Minggu ini beberapa kantor-kantor di ibu kota akan mulai libur, para pekerja pun siap pulang ke kampung halaman menemui orang -orang yang dicintai. Sayangnya, mudik tidak selamanya menyenangkan. Perjalanan panjang dan kondisi jalan yang terkadang rusak, bisa menganggu perjalanan. Untungnya saat ini mudik dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman dengan bantuan berbagai aplikasi untuk mudik yang wajib ada di smartphone. Bahkan beberapa pengembang aplikasi pun sengaja meluncurkan aplikasi untuk mudik dengan beragam fitur untuk meramaikan tradisi mudik yang rutin digelar di indonesia.

Lalu apa saja aplikasi khusus mudik yang wajib ada di smartphone?

Aplikasi peta

Aplikasi jenis ini wajib ada untuk mudik khususnya bagi kamu pengguna kendaraan pribadi. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk mengetahui jalur-jalur alternatif mana saja yang bisa dilalui. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui tempat istirahat mana saja yang bisa disinggahi. Setidaknya kamu bisa mencoba aplikasi Waze dan Google Maps.

Download Google Maps | Download Waze

Aplikasi pemantau jalan

Pemilihan rute mudik juga bisa dilakukan sedari awal, dengan memantau terlebih dulu jalur-jalur mana saja yang ada. Ini bisa dilakukan dengan menonton update berita mudik di TV hingga mengunduh aplikasi khusus mudik seperti IBOLZ NTMC TV dan LewatMana.

NTMC TV memang khusus disediakan oleh Korps Lalu Lintas Polri. Aplikasi ini dapat membuat pemudik memantau CCTV secara realtime dalam smartphone.

Download NTMC TV | Download Lewat Mana

Aplikasi pemesanan tiket

Untuk kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa memasang aplikasi pemesanan tiket seperti Traveloka. Aplikasi ini membuat kamu bisa memesan tiket pesawat secara online.

Download Traveloka Android | Download Traveloka iOS

Aplikasi bengkel dan posko mudik

Aplikasi khusus mudik berikutnya biasanya disediakan oleh brand kendaraan bermotor. Misalnya PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tanggerang yang menghadirkan aplikasi Wahana Honda Smart Community. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan mengenai lokasi bengkel terdekat hingga tips mudik.

Download Honda Smart Community

Baca juga artikel:
Mengenal Fungsi Smartphone Untuk Mudik
Pemudik Disarankan Gunakan Aplikasi Navigasi Demi Mudik yang Aman dan Nyaman
Harga Ponsel Xiaomi dan iPhone Naik Harga Jelang Lebaran

Artikel Lainnya

Komentar