Alcatel Idol 4 Bakal Diubah Jadi BlackBerry Hamburg

Oleh Aris Wibowo on Senin, 27 Jun 2016 | 13:24

Seperti yang diketahui, produsen Blackberry tengah berjuang untuk kembali bersaing di pasar gadget dunia. Setelah sebelumnya menyerah bersaing menggunakan sistem operasi Blackberry, kini produsen asal Amerika itu tengah fokus mengembangkan perangkat ponsel Android miliknya. Bahkan dalam rumor yang berkembang, Blackberry tengah menyiapkan sebuah ponsel Android terbaru dengan sistem keamanan dan kaya fitur. Menariknya, Blackberry tidak akan merilis ponsel Android sendirian melainkan bekerja sama dengan produsen Android lainnya. Rumor dari CrackBerry mengungkapkan Blackberry tengah bekerjsama dengan perusahaan TCL yang merupakan produsen dari smartphone Alcatel. Tak heran, beredar rumor Alcatel Idol 4 akan diubah menggunakan nama Blackberry Hamburg.

Kabar ini kian lengkap dengan munculnya sebuah bocoran dokumen dari Wifi Alliance. Dalam dokumen tersebut tampak settifikasi Wifi untuk perangkat TCL dengan nama DTEK-50. Perangkat ini akan hadir dengan sistem operasi paling baru yakni Android 6.0 Marshmallow. Jika rumor ini benar adanya maka perangkat ini bisa jadi cikal bakal Blackberry Hamburg.

Pasalnya nama DTEK merupakan aplikasi privasi dan hanya terdapat pada varian BlackBerry Priv. Selain itu, sertifikasi tersebut juga menyatakan nomer model untuk perangkat ini ialah STH100-2. Nomer ini mirip dengan nomer model milik BlackBerry Priv yakni STV100-1. Menurut juru Bicara BlackBerry, John Chen, perusahaannya tidak lagi memproduki perangkat, melainkan hanya mendesain saja. Hal ini terkait kondisi BlackBerry saat ini yang tidak memungkinkan untuk memproduksi perangkat.

Alcatel Idol 4 sendiri merupakan ponsel Android kelas menengah dengan spesifikasi yang tinggi dikelasnya. Bahkan spesifikasi terbaru yang bocor mirip dengan spesifikasi Blackberry Hamburg yang juga muncul bersamaan.

Untuk spesifikasi sementara, Alacatel Idol 4 menggunakkan layar seluas 5,2 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Pada bagian mesin, ponsel yang diduga BlackBerry Hamburg akan menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 617. Ini merupakan prosesor octa-core 1,7 Ghz. Prosesor ini akan disokong RAM 3 GB untuk kinerja yang mantap. Untuk memori internal,  terpasang memori penyimpanan 16 GB. Selain itu, ponsel Android terbaru ini akan menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP. Terakhir, ponsel ini menggunakan baterai 2610 mAh.

Baca juga artikel:
Spesifikasi BlackBerry Hamburg Rome Muncul di GFXBench
BlackBerry Indonesia Hadirkan Fitur BBM Life
Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)

Artikel Lainnya

Komentar