Diperbaharui pada Minggu, 26 Juni 2016 | 05:18

Pemudik Disarankan Gunakan Aplikasi Navigasi Demi Mudik yang Aman dan Nyaman

Beberapa hari ini cuaca di sebagian wilayah Indonesia terbilang kurang bersahabat. Beberapa wilayah Indonesia bahkan masih dilanda hujan hingga menyebabkan longsor dan banjir. Juru bicara Kementrian Perhubungan Hemi Pamuraharjo meminta kepada calon pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mempersiapkan diri menghadapi cuaca tak menentu. Pasalnya hasil koordinasi antara Kemenhub dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan cuaca ke depan cenderung tak menentu sehingga pemudik diminta tetap waspada.

Dalam kesempatan tersebut, Kementrian Perhubungan juga memaparkan akan menyiapkan peta yang berisi lokasi rawan macet dan longsor mendekati musim mudik. “Kami meminta pemudik mempersiapkan diri. Pengguna jalan agar mengoptimalkan penggunaan aplikasi navigasi jalan yang banyak tersedia seperti Google Maps hingga Waze.” Ujar Hemi dalam diskusi Persiapan Arus Mudik di kantor Staf Kepresidenan, Jakarta.

Aplikasi Navigasi seperti Google Maps dan Waze memiliki banyak fitur yang diharapkan memudahkan pengguna dalam perjalanan mudiknya. Pengguna bisa mengetahui kondisi lalu lintas terkini, jalur alternative, hingga tempat untuk beristirahat bila lelah.

Sementara itu, Kapala Bidang Manajemen Operasional Lalu Lintas Korlantas Maber Polri, Komisaris Besar Polisi Darto Juhartono menuturkan sudah berkoordinasi dengan seluruh Kepolisian Daerah dan Kepolisian Resor untuk bersiap siaga menerima laporan dari masyarakat.

Korlantas telah menyiapkan nomer darurat 9119 yang diklaim akan cepat merespons pengaduan. Tak hanya itu, Lanjut Darto, petugas juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk menyiapkan alat berat di beberapa titik yang dinilai rawan bencana.

Khusus bagi pengendara motor, Darto menerangkan, tahun ini polisi menambahkan jumlah lokasi tempat istirahat. Bila tahun lalu ada 13 titik. Kini bertambah menjadi 35 yang tersebar di ruas – ruas jalan utama. “Kami sediakan tenda, kamar mandi, mushola, posko kesehatan hingga bengkel.” Jelas Darto.

Pemerintan memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada akhir pekan atau H-4 hingga H-3 Lebaran. Menurut Hemi Pamuraharjo, arus mudik tahun ini diperkirakan akan tersebar atau merata. Penyebabnya hari raya Idul Fitri terjadi di tengah pekan.

Sumber foto: Antara

Download aplikasi Waze
Download aplikasi Google Maps

Baca juga artikel:
Update Google Maps Kini Bisa Cek Tarif Taksi Online
Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya
Fitur Waze dan Panduan Menggunakannya Agar Nggak Kena Macet

 

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts