Bug Google Chorme Mudahkan Download Film Berbayar

Oleh Aris Wibowo on Minggu, 26 Jun 2016 | 01:31

Sudah sejak lama, dunia perfilman fokus untuk berperang melawan pembajakan. Pasalnya, setiap tahun makin banyak situs streaming yang menyediakan konten – konten illegal. Hal ini tentu merugikan banyak pihak. Sayangnya, baru – baru ini sebuah bug terbaru dalam aplikasi browser Google Chrome justru memberikan kemudahan untuk mengunduh film dari situs streaming berbayar. Dengan adanya celah keamanan ini, pengguna internet yang berlangganan situs streaming berbayar seperti Netflix, bisa menyimpan film secara langsung di komputer.

Bug Google Chrome ini sendiri ditemukan oleh dua peneliti keamanan cyber Davit Livshits dan Alexandra Mikityuk. Dalam penelitiannya, mereka berdua memanfaatkan teknologi widevide EME/CDM yang digunakan Google Chrome untuk melakukan enkripsi video streaming dari provider konten.

Kedua peneliti keamanan ini sebetulnya sudah melaporkan keberadaan bug Google Chrome ini pada tanggal 24 Mei lalu. Namun, keberadaan bug ini belum teratasi juga oleh pihak Google dan hingga kini masih bisa dijumpai. Padahal menurut mereka berdua, celah keamanan ini sebenarnya cukup sederhana dan seharusnya Google bisa segera menghadirkan pacth baru untuk menambah celah keamanan tersebut.

Peneliti ini juga mengungkapkan kalau permasalahan yang dihadapi Chrome sebenarnya bersumber pada open source Chromium yang merupakan basis dari Google Chrome. Dan sebagai produk software resmi, seharusnya Google telah menyediakan sistem untuk mengatasi bug google Chrome tersebut. terlebih lagi, teknologi Widevine ini sebenarnya digunakan juga pada browser lain seperi Firefox hingga Opera. Namun, hingga kini belum ada laporan bahwa kedua browser pesaing Chrome tersebut terkait bug keamanan yang sama.

Sebelumnya, akhir mei lalu Google telah merilis Chrome 51 untuk Windows dan Mac yang dikabarkan hadir dengan sejumlah perbaikan keamanan dan fitur untuk hemat data. Google juga sudah menghadirkan tampilan lebih halus sehingga hemat daya. Dalam browser terbaru ini, Google juga memudahkan pengguna untuk berpindah perangkat dari versi mobile ke desktop ataupun sebaliknya.

Semoga saja Bug Google Chrome ini segera diatas sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Baca juga artikel:
Bug iOS: Pengguna iPad dan iPhone Terima "Email Hantu" Dari Tahun 1970
Trik Nonton YouTube dengan Google Chrome
10 Tips Browsing di Chrome Android Agar Lebih Menyenangkan

Artikel Lainnya

Komentar