Instagram Hadirkan Fitur Baru Penerjemah Teks

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 24 Jun 2016 | 10:02

Beberapa waktu lalu, Instagram telah merombak tampilan dan fitur yang dihadirkan guna memberikan penyegaran untuk pengguna setianya maupun pengguna barunya, Instagram bahkan sudah mengganti logo, menambahkan fitur akun ganda dan lain – lain. Perubahan ini seiring semakin meningkatnya pengguna aktif Instagram yang kini sudah lebih dari 500 Juta orang. Kini, untuk memanjakan setiap penggunanya yang berasal dari berbagai negara, Instagram telah menyiapkan fitur baru, penerjemah teks. Dengan penerjemah ini pengguna bisa menerjemahkank postingan, menerjemahkan komentar, deskripsi foto dan biodata secara otomatis, sesuai dengan bahasa dan huruf yang digunakan pengguna.

Hadirnya fitur baru instagram ini dinilai sebagai upaya aplikasi foto ini dalam menyamai kemampuan serupa yang telah lebih dulu hadir di media sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Pengguna akan bisa mendapat terjemahan teks dari bahasa asli ke bahasa yang dipilih melalui menu pengaturan instagram, dengan mengetuk pilihan “see translation” dibagian bawah komentar dan deskripsi foto. Kabarnya fitur ini baru akan mulai disebarkan pada bulan Juli mendatang.

Sayangnya, fitur penerjemah teks ini tidak akan bisa digunakan pada foto yang diunggah sebelum fitur ini dirilis. Selain itu, fitur ini juga masih belum dapat menerjemahkan sejumlah bahasa secara otomatis. Pasalnya, fitur ini masih memiliki pembendaharan bahasa yang terbatas. Walaupun demikian, Instagram menjanjikan akan terus mengembangkan fitur penerjemah teks ini.

“Dalam beberapa bulan ke depan, kamu akan melihat tombol terjemahan pada feed stories dan profile yang ditulis dalam bahasa yang berbeda dengan bahasa kamu. Pengguna instagram telah tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih global dari yang pernah dibayangkan. Dan kami sangat gembera karena kamu akan segera dapat memahami cerita seutuhnya dari sebuah postingan apapun bahasa kamu.” Ungkap Instagram dalam keterangan resminya.

Pengguna Instagram di perangkat Android dapat mengubah pengaturan terkait fitur terbaru ini dengan mengakses setiing, language dan input, language dan kemudian pilih bahasa yang diinginkan. Sementara pengguna perangkat iOS dapat mengakses general, international, language dan kemudian pilih bahasa yang diinginkan.

Dalam update terbaru instagram versi 3.4.0 sudah dapat menerjemahkan 23 bahasa yakni Indonesia, Melayu, Korea, Jepang, Finlandia, Ceko, Denmark, Yunani, Italia, Jerman, Afrika, Mandarin, Thailand, Polandia, Norwegia, Portugis, Swedia, Tagalog, Turki, Rusia, Spanyol, Perancis dan Belanda.

Baca juga artikel:
Instagram Hadir dengan Ikon dan Tampilan Baru Yang Minimalis
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browser
Path Kini Bisa Edit Postingan dan Tahu Lokasi Foto Yang Diunggah

Artikel Lainnya

Komentar