Obeng, Aplikasi Mudik Untuk Cari Lokasi Bengkel Motor dan Mobil

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 22 Jun 2016 | 10:02

Dua minggu menjelang Idul Fitri, banyak masyarakat mulai mempersiapkan dirinya untuk mudik, termasuk melakukan perawatan kendaraan demi dibawah mudik ke kampung halaman. Namun, ternyata banyak pengguna yang kesulitan menemukan bengkel motor dan mobil yang sesuai dengan kendaraan. Alhasil, kendaraan pun tidak maksimal diperbaiki di bengkel. Menyadari hal tersebut, Paulus Chandra bersama rekan – rekannya membuat sebuah aplikasi mudik bernama Obeng. Namanya cukup unik karena merupakan singkatan Online bengkel.

Aplikasi yang diluncurkan pada akhir 2015 ini awalnya hadir untuk platform Android saja. Namun, semenjak awal Juni 2016 kemarin, aplikasi mudik ini sudah bisa digunakan di perangkat iOS. Diharapkkan aplikasi ini bisa membantu pengguna gadget dan kendaraan menemukan bengkel untuk perawatan sebelum mudik maupun perbaikan saat melakukan mudik di perjalanan.

“Sudah tersedia lebih dari 3000 bengkel yang mendaftarkan dirinya ke aplikasi Obeng. Kebanyakan bengkel tersebut masuk daftar berawal dari informasi dari lingkungan pertemanan saja.” Kata Paulus. Setidaknya aplikasi ini sudah mencakup daerah – daerah di Indonesia mulai Aceh hingga Papua. Sayangnya, mayoritas bengkel masih berada di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Kedepannya, aplikasi mudik Obeng akan dibuat lebih ke arah media sosial. Walaupun demikian, tujuan aplikasinya tetap sama yakni untuk memudahkan pengguna menemukan bengkel terdekat saat perjalanan. Tim Obeng ingin membuat aplikasi gratis ini layaknya media sosial Path, yang lengkap dengan integrasi langsung ke lokasi bengkel yang dituju.

Dalam aplikasi mudik ini, pengguna juga akan mendapatkan informasi rute lokasi menuju bengkel menggunakan navigasi Google Maps. Pengguna juga bisa menemukan bengkel terdekat berdasarkan kategori dan review dari sesame pengguna.

Yang menarik, pemilik bengkel juga bisa mendaftarkan bengkelnya dengan mudah dan tidak dikenakan biaya.

Hingga saat ini memang masih jarang aplikasi Android maupun iOS yang menawarkan informasi tentang lokasi bengkel. Diharapkan pemudik bisa berkendara dengan aman dan nyaman karena tidak khawatir lagi menemukan bengkel terdekat saat kendaraan bermasalah.

Download Obeng untuk Android
Download Obeng untuk iOS

Baca juga artikel:
Game Android Offline Seru Dimainkan Saat Mudik
Update Aplikasi Qlue Hadir untuk Menemani Mudik Kamu
Semarakkan Puasamu Dengan Berbagai Promo Paket Internet Ramadhan 2016

Artikel Lainnya

Komentar