Facebook Messenger Kembalikan Fitur Mengirim dan Menerima SMS

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 16 Jun 2016 | 15:13

Seiring maraknya aplikasi perpesanan instant, pengiriman pesan konvensional lewat Short Message Service (SMS) pun mulai terpinggirkan. Bahkan di tahun 2015 lalu, jumlah pesan yang terkirim melalui Whatsapp jauh meninggalkan pesan SMS biasa. Walaupun demikian, SMS diperkirakan tetap akan diminati dan belum tergantikan. Menyadari hal tersebut Facebook kembali menghadirkan layanan SMS ke dalam aplikasi Facebook Messenger untuk Android. Sebelumnya Fitur SMS di Facebook Messenger sudah hadir pada tahun 2012 dan dihentikan pada tahun 2015 lalu. Kala itu, Facebook beralasan jumlah pengguna SMS masih sangat sedikit.

David Marcus, VP of Messaging Products di Facebook dalam akun resminya mengungkapkan bahwa Facebook Messenger tidak hanya bisa menerima dan mengirimkan teks serta gambar melalui SMS, tapi juga pesan suara dan stiker. Chat Head berbentuk bulat yang selalu muncul di layar smartphone setiap kali ada pesan masuk di aplikasi ini, juga akan muncul setiap ada pesan SMS.

Untuk mengaktifkkan fitur ini, kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan atau settings di Facebook Messenger. Di menu tersebut, kamu harus menekan pilihan SMS, lalu menyalakan pilihan “Default SMS App”. Setiap pesan yang masuk lewat SMS nantinya akan tampil dengan latar belakang warna ungu, sedangkan pesan yang masuk dari Facebok Messenger tetap warna biru. Yang terpenting semua pesan dikirim dan diterima melalui protokol SMS Standar dan tidak menggunakan data seluler.

Sayangnya, intergrasi ini belum dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat. Namun, Facebook menjanjikan akan segera menghadirkan fitur enskripsi untuk layanan SMS ini. Fitur terbaru ini baru akan dipasarkan pada beberapa negara terlebuh dahulu. Selain fitur SMS, Facebook juga menghadirkan fitur Chatbot yang memiliki tugas seperti memesankan makanan ataupun mencari tumpangan kendaraan.

Dengan hadirnya layanan SMS ini, Facebook jelas berharap kalau kemudian hari pada pengguna akan menggunakan Facebook Messenger sebagai aplikasi perpesanan utama. Sebelumnya, Google juga menghadirkan fitur layanan SMS pada aplikasi perpesanannya yakni Hangouts.

Download Facebook Messenger

Baca juga artikel:
Layanan Yahoo Messenger Versi Desktop Akan Ditutup Per 5 Agustus 2016
Facebook Messenger Hadirkan Fitur Kirim File Via Dropbox dan Video Chat Head
Update Facebook Messenger Kini Bisa Ubah Nama Pengguna

Artikel Lainnya

Komentar