Apple Gantikan OS X dengan MacOS Sierra

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 14 Jun 2016 | 16:53

Dalam ajang WWDC 2016, tidak hanya sistem iOS 10 yang diperkenalkan Apple. Ternyata produsen berlogo khas buah Apel ini juga memperkenalkan sistem operasi untuk dektop.

Apple resmi memperkenalkan MacOS Sierra. Sistem ini hadir untuk menggantikan sistem sebelumnya yakni Mac OS S. Perubahan nama ini sekaligus upaya penyeragaman nama dari seluruh sistem operasi buatan Apple seperti tvOS, WatchOS, iOS dan sekarang MacOS.

Tidak sekadar melakukan perubahan nama, Apple juga meningkatkan kemampuan dan melakukan penambahan fitur pada MacOS. Salah satu fitur yang menarik perhatian pengguna ialah kehadiran Siri untuk perangkat desktop.

Apple dalam situs resminya mengungkapkan kalau Siri untuk MacOS Sierra ini dapat digunakan untuk membantu para pengguna perangkat Mac dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Bahkan Siri untuk MacOS Sierra ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas dalam satu waktu atau multitasking. Mulai dari meminta Siri untuk mengirim pesan, mencari lokasi sebuah file hingga aktivitas lainnya. Hal-hal tersebut pun dapat dilakukan Siri selagi kamu tengah mengerjakan pekerjaan penting lainnya.

Pengguna MacOS juga bisa memutar video dari Safari atau iTunes sembari bekerja. Sebab bingkai video bisa diperbesar atau diperkecil dan diletakkan di layar mana saja.

Tidak hanya kehadiran Siri, MacOS Sierra ini juga dibarengi dengan fitur-fitur pendukung lain. Termasuk diantaranya fitur auto-unlock yang bisa digunakan bersama dengan apple watch. Atau bisa pula menggunakan MacOS Sierra untuk melakukan pembayaran Apple pay.

Tidak ketinggalan, ada pula fitur yang disebut sebagai universal clipboard, dimana kamu bisa copy paste antar perangkat. Pengguna bisa menyimpan dokumen di folder Mac untuk kemudian mengaksesnya di iPhone atau iPad dengan format yang disesuaikan.

MacOS Sierra ini bakal tersedia untuk para pengembang mulai 14 juni ini. Selanjutnya publik bisa mendapatkan sistem operasi ini dalam versi beta pada bulan Juli mendatang. Menurut rencana, kehadiran sistem operasi desktop ini akan dilaksanakan pada musim gugur 2016.

Baca juga artikel:
Apple MacBook 2016 lebih Cepat Lebih Colorful
Harga HP Spectre 2016, Laptop Super Tipis Pesaing Macbook
Belum Puas, Apple Kembali Luncurkan iOS 9.3.2 Beta Versi Kedua

Artikel Lainnya

Komentar