Apple WWDC 2016: iOS 10 Dirilis Membawa Update Siri dan Apple Music

Apple WWDC 2016: iOS 10 Dirilis Membawa Update Siri dan Apple Music

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 14 Jun 2016 | 16:51

Acara WWDC 2016 telah berlangsung dengan sejumlah kejutan dari Apple. Salah satu yang paling ditunggu ialah kehadiran sistem operasi terbaru dari Apple, iOS 10.

Setelah dinantikan cukup lama, sistem terbaru iOS ini resmi diperkenalkan. Sistem ini dipastikan hadir dengan beragam fitur terbaru termasuk penambahan fitur dalam aplikasi iMessage, Apple Music, dan Siri.

“iOS 10 merupakan produk terbesar kami. Pengguna bisa mengekspresikan diri dengan cara baru lewat iMessage. Desain juga sudah diperbaharui untuk Music, Maps dan News. Ketiganya dibuat lebih intuitif dan kuat,” ungkap Craig Federigh, SVP Software Engineering dari Apple.

Lalu apa saja hal yang baru dalam sistem operasi iOS 10 ini?

Aplikasi bawaan bisa dihapus

Apple tampak serius dalam menghadirkan iOS 10 ke publik. Hal ini terlihat dari sejumlah rumor yang sebelumnya berkembang dan kini benar-benar diwujudkan Apple. Salah satu rumor yang berkembang sebelumnya ialah pengguna iOS 10 bisa menghapus aplikasi bawaan dari Apple yang tidak perlu atau tidak pernah digunakan.

Rumor ini pun benar adanya dalam sistem terbaru Apple ini. Apple berharap penghapusan aplikasi ini bisa memberikan kebebasan pada para pengguna perangkat iOS. Selain itu, perangkat iOS pun menjadi lebih ringan dan cepat.

Tampilan Lock Screen yang lebih segar

Dalam iOS 10 ini, Apple juga menghadirkan tampilan yang lebih segar dalam lock screen, yang berbeda jauh dari iOS 9. Dalam sistem ini disebutkan bahwa pengguna tidak perlu lagi menekan tombol apapun untuk menghidupkan layar dari posisi mati. Tidak hanya itu saja, tampilan notifikasi saat berada di lock screen lebih interaktif tanpa harus meninggalkan dalam keadaan layar terkunci.

Siri menjadi lebih terbuka

Pada awal dirilis, Apple memang tidak membuka secara gamblang mengenai perkembangan aplikasi Siri. Namun, kini Apple mencoba lebih terbuka. Dalam iOS 10, Siri bisa lebih terbuka kepada semua pengembang. Hal ini menjadi langkah yang sangat mengesankan. Pasalnya, Siri akan bisa mendukung berbagai aplikasi dari pihak ketiga.

Quick Type lebih cepat dan lebih baik

Dalam aplikasi keyboard Apple, Quick Type juga akan didukung penggunaan Siri. Jadi, nantinya saat hendak mengetik, Siri akan memberikan saran jawaban yang lebih cepat, lebih beragam dan lebih tepat. Semua kini cukup sekali sentuh.

Apple Map lebih segar

Apple juga merombak salah satu aplikasi penting dalam iOS yakni Apple Map. Aplikasi peta ini mengalami perubahan desain dan penambahan fitur bar. Aplikasi ini hadir dengan fitur tingkat kepadatan lalu lintas. Misal saat kamu melewati jalan yang sama setiap hari untuk menuju kantor, Apple map akan mendeteksi kebiasaan kamu. Nantinya dalam iOS 10 akan memberikan informasi kepadatan lalu lintas sepanjang jalur yang dilewati.

Selain itu, Apple map kini lebih aktif dengan memberikan saran lokasi yang mungkin ingin kamu kunjungi. Misal, saat kamu membuka aplikasi ini di jam makan, maka aplikasi ini akan memberikan saran lokasi makan yang bisa dikunjungi.

Aplikasi ini juga sudah tersedia untuk para pengembang sehingga bisa dipadukan dengan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi foto juga berubah

Aplikasi foto dalam iOS 10 atau mungkin lebih dikenal sebagai galeri foto, juga mengalami perubahan yang cukup baik. Melalui deep learning, aplikasi ini dapat mengelompokkan secara otomatis foto yang berisi kamu dengan keluarga, atau kamu bersama teman. Tidak hanya itu, aplikasi foto ini juga bisa mengelompokkan foto landscape. Alhasil semua foto dapat tertata dengan rapi.

iMessages lebih baik dan cepat

Aplikasi perpesanan dari Apple, iMessages juga mengalami peningkatan signifikan. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan preview dari sebuah alamat tautan sebuah situs. Tidak hanya itu saja, bila alamat tersebut mengarah pada alamat tautan sebuah lagu dari Apple music, maka lagu tersebut dapat diputar tanpa harus meninggalkan aplikasi perpesanan tersebut. Begitu juga dengan link video. Aplikasi ini juga sudah mendukung penulisan tangan dan sentuhan digital pada perangkat Apple Watch.

Apple Music dirombak

Aplikasi Apple Music ini memang belum sempurna. Demi mengatasi hal tersebut, Apple merombak aplikasi musik ini dengan fitur terbaru. Salah satu fitur baru yang menarik ialah dukungan terhadap lirik lagu. Jadi nantinya kamu dapat mengunduh lirik lagu yang diputar. Apple music juga akan mendeteksi lagu apa yang sering diputar.

Aplikasi baru Home

Apple juga menghadirkan aplikasi baru bernama Home. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat pintar di sebuah rumah.

Versi beta dari iOS 10 sendiri sudah mulai disebarkan dalam waktu dekat. Sedangkan pembahruan total baru akan mulai digulirkan pada akhir tahun.

Sayangnya perangkat Apple yang masih menggunakan Chipset A5, seperti iPhone 4s, iPad 2, iPad mini dan iPad generasi ketiga, dipastikan tidak mendapat pembaharuan ini.

Baca juga artikel:
Apple Gantikan OS X dengan macOS Sierra dengan Fitur Baru
Belum Puas, Apple Kembali Luncurkan iOS 9.3.2 Beta Versi Kedua
Apple MacBook 2016 lebih Cepat Lebih Colorful

Artikel Lainnya

Komentar