Layanan Yahoo Messenger Versi Desktop Akan Ditutup Per 5 Agustus 2016

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 14 Jun 2016 | 13:31

Kabar negatif datang untuk para pengguna aplikasi Yahoo Messenger versi desktop. Secara resmi, Yahoo memberikan pemberitahuan bahwa layanan tersebut tidak bisa lagi digunakan per tanggal 5 Agustus 2016 mendatang.

Yahoo Messenger versi Desktop merupakan layanan chatting yang diperuntukkan bagi pengguna desktop berbasis Windows, Mac dan Linux. Melalui hal ini, tentu saja Anda yang terbiasa chatting melalui PC atau laptop tidak bisa menggunakannya lagi.

Pada pernyataan resminya, Yahoo mengajak seluruh pengguna untuk melakukan transisi secara keseluruhan agar mulai menggunakan Yahoo Messenger versi anyar. Hal ini dilakukan Yahoo mengingat dukungan dekstop akan segera dihentikan.

Sedikit flash back, layanan Yahoo Messenger dirilis pertama kali ke publik pada tahun 1998. Saat itu, layanan ini hanya mendukung perangkat berbasis Windows, Mac, Linux dan Solaris. Mengikuti tren, layanan ini pun berbenah sehingga bisa bersaing dengan layanan serupa seperti Skype milik Microsoft. Akan tetapi, layanan ini mulai ditinggalkan oleh penggunannya berkat adanya aplikasi pesan instan baru yang lebih kaya fitur.

Pada bulan Desember 2015 lalu, Yahoo memberikan konfirmasi bahwa pihaknya melakukan perombakan di sektor UI. Selain itu, ia pun memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan lintas platform, baik di smartphone, desktop maupun web.

Agar bisa mengambil hati konsumen yang terlanjur berpaling, Yahoo pun mulai fokus untuk membangun layanan pesan instan pada perangkat mobile. Versi terbarunya ini hadir untuk pengguna Android dan iOS, bisa didapatkan melalui Google Play Store dan App Store.

Pihak Yahoo mengklaim bahwa Messenger versi mobile ini bekerja lebih responsif dan mempunyai banyak fitur baru. Nantinya, pengguna tidak hanya mengirimkan pesan teks saja, melainkan foto, gambar animasi gif dan melakukan chat secara grup.

Tak hanya Yahoo Messenger versi desktop yang layanannya akan dihentikan, perusahaan ini pun memastikan bahwa layanan Yahoo Recommends akan dihentikan pada tanggal 1 September 2016 mendatang.

Baca juga artikel:
Facebook Messenger Hadirkan Fitur Kirim File Via Dropbox dan Video Chat Head
Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)
Nonton Piala Eropa Belum Lengkap Tanpa Aplikasi UEFA EURO 2016

Artikel Lainnya

Komentar