Diperbaharui pada Jumat, 10 Juni 2016 | 14:40

Facebook Hadirkan Fitur Foto 360 Derajat

Bulan Mei Lalu, Facebook telah mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan dukungan foto dengan sudut pandang 360 derajat. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya, Facebook sudah menghadirkan dukungan video 360 derajat tahun lalu. Kabar baiknya, fitur foto 360 derajat ini sudah bisa digunakan pengguna Facebook, dimana pengguna Facebook sekarang bisa melihat foto dalam modus 360 derajat.

Sebetulnya fitur ini lebih condong untuk memenuhi kearah virtual reality ketika dipasangkan dengan headset VR seperti Oculus Rift, HTC Vive atau mungkin headset yang lebih sederhana seperti Samsung Gear VR atau Google Cardboard.

Keuntungan hadirnya fitur foto 360 derajat ini ialah kamu bisa melihat foto biasa dari sudut yang lebih dinamis. Tentu saja untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus memiliki kamera yang dapat mengambil foto dengan sudut 360 derajat. Namun, kamera 360 derajat sendiri saat ini masih belum populer dna masih sepi pembeli.

Menyadari hal tersebut, Facebook sendiri sudah menginvestasikan dana yang besar untuk bisnis VR melalui Oculus Rift, sehingga membuat dukungan VR kedalam Facebook jadi masuk akal. Selain itu, kamu juga bisa melihat beberapa perusahaan yang pada dasarnya tidak menggeluti dunia teknologi, perlahan masuk ke bisnis VR. Seperti perusahaan Getty yang mengumumkan divisi VR mereka sendiri. Dimana mereka akan mulai menyebarkan stok foto virtual reality sehingga semakin banyak foto kreasi 360 derajat di Facebook.

Untuk memperkenalkan fitur baru tersebut, Facebook sudah merektrut musisi legendaris Paul McCartney. Pentolan grup the Beatles tersebut bahkan sudah mendapat kesempatan untuk memamerkan foto 360 derajat pertama via akun Facebook miliknya. Foto tersebut diambil di Alberto Kempes Stadium, Cordoba, Argentina pada  15 Mei 2016.

Untuk kamu yang penasaran mengunggah foto 360 derajat di Facebook, kamiu bisa menggunakan kamera smartphone dengan mode 360 photo. Setelah diunggah, Facebook akan melakukan konversi untuk foto tersebut agar menjadi foto dengan mode berputar 360 derajat.

Semua fitur ini kabarnya bisa digunakan untuk perangkat Android maupun perangkat iOS. Tertarik mencobanya?

Baca juga artikel:
Aplikasi Facebook Live Siap Sambangi Pengguna Android
Facebook Messenger Hadirkan Fitur Kirim File Via Dropbox dan Video Chat Head
Update Facebook Messenger Kini Bisa Ubah Nama Pengguna
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts