Project Jacquard, Proyek Wearable Device Google di Sektor Pakaian

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 25 Mei 2016 | 17:20

Belum selesai mengenai ulasan ajang Google I/O 2016 kemarin, raksasa teknologi satu ini kembali membuat gebrakan. Kali ini, Google kembali mengembangkan wearable device melalui pembuatan smart clothing atau baju pintar.

Proyek satu ini dinamakan Project Jacquard. Tujuan dari proyek ini, Google ingin membuat produk siap pakai yang memungkinkan pengguna dapat mengontrol sentuhan dan gerakan melalui benda yang dibuat dari kain, gampangnya berupa pakaian.

Mulai dikembangkan dari tahun 2015 lalu, Project Jacquard saat ini sudah dipamerkan ke publik. Koleksi perdananya adalah pakaian yang digarap oleh Google bersama Levi’s, berwujud jaket pintar dengan nama Levi Commuter. Rencanannya, jaket ini akan mulai dijual ke publik mulai musim semi 2017 mendatang.

Jaket pintar Levi Commuter dibuat menggunakan bahan denim. Ia dirancang khusus untuk para pengendara sepeda motor, dilengkapi dengan sensor gerakan dan sentuhan yang ditempatkan pada ujung lengan kiri. Dengan penempatan sensor tersebut, nantinya pengguna bisa melakukan berbagai hal saat berkendara, mulai dari menerima panggilan telepon, mengatur playlist musik dan fungsi-fungsi lainnya.

Hal terpenting dari terciptanya jaket pintar ini adalah kemampuan yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan layar smartphone, tanpa harus menyentuh dan melihatnya. Dengan demikian, pengendara sepeda motor akan merasa lebih aman saat berkendara. Tak kalah menarik, jaket Levi Commuter pun bisa dicuci layaknya pakaian biasa, tentu saja akan memudahkan pengguna untuk mengenakannya saat beraktivitas sehari-hari.  

Nah, Project Jacquard sendiri merupakan proyek yang dijalankan oleh tim ATAP dari Google. Produk-produk hasil rancangan divisi ini akan mempunyai platform sendiri yang memang dikhusukan untuk produk-produk pakaian pintar.

Nantinya, jaket Levi Commuter pun akan mempunyai aplikasi dan API sendiri. Kedepannya, produsen lain yang ingin membuat baju pintar pun dapat memakai platform dari Google sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Maka demikian, mungkin saja proyek ini kepopulerannya akan sama seperti OS Android yang sudah dipakai oleh berbagai vendor.

Sangat menarik tentunya jika kamu bisa memakai jaket ini sangat berkendara. So, tunggu kabar selanjutnya terkait Project Jacquard, ya!

Baca juga artikel:
13 Wearable Device Yang Bisa Dikenakan Pada Tubuh Kita
HTC Grip, Wearable Fitness Tracker Tahan Air
Smartwatch Xiaomi dan Xiaomi Mi Band 2 Siap Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar