Google I/O 2016, Android Wear 2.0 Resmi Dikenalkan Membawa Fitur Mandiri

Google I/O 2016, Android Wear 2.0 Resmi Dikenalkan Membawa Fitur Mandiri

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 19 Mei 2016 | 16:53

Tidak hanya memperkenalkan aplikasi baru Google Space dalam ajang Google I/O 2016, Google juga merilis Android Wear 2.0 untuk wearable seperti Smartwatch.

Raksasa mesin pencari yang berbasis di Montain View, Amerika ini mengungkapkan bahwa sistem operasi ini menawarkan banyak perubahan dan tentu saja fitur baru yang berbeda.

Perbedaan yang cukup menarik daripada generasi sebelumnya ialah Android Wear 2.0 ini telah mendukung fitur Mandiri atau Stand Alone. Hal ini berbeda, karena sebelumnya pada perangkat wearable berbasis Android generasi pertama harus wajib terhubung dengan smartphone atau tablet untuk dapat menggunakan fungsinya secara maksimal. Tentu hal ini dinilai kurang nyaman oleh pengguna karena harus selalu membawa smartphone.

Menjawab hal tersebut, Google pun menghadirkan Mode Mandiri. Dengan mode ini, pengguna tidak perlu menggunakan smartphone atau gadget lain sebagai pendamping perangkat wearable dengan sistem Android Wear 2.0. Nanti, wearable akan secara otomatis bisa terhubung ke jaringan Wifi yang ada di sekitar dan akan terhubung ke perangkat seluler.

Perangkat dengan Android Wear 2.0 juga bisa langsung terhubung secara otomatis dengan cloud. Selain itu, pengguna juga dapat menjalankan aplikasi langsung dari smartwatch atau perangkat gelang pintar meski saat itu, kamu sedang tidak membawa smartphone.

Untuk sistem antarmuka, Android Wear 2.0 tampil dengan material design yang lebih minimalis dan dipahami. Google juga telah meningkatkan notifikasi agar lebih memudahkan pengguna. Selain itu, tampilan thema pada sistem ini mengusung warna lebih gelas sehingga nyaman digunakan dalam berbagai perangkat. Apalagi bila perangkat menggunakan layar OLED, perangkat diklaim lebih hemat baterai.

Google bahkan menghadirkan fitur Wifi yang baru sehingga pengguna bisa terhubung lebih cepat dan tidak mudah putus meski tetap dipasangkan dengan smartphone atau tablet Android. Google juga menghadirkan pembaharuan untuk Google Fit sehingga pengguna bisa berolahraga makin seru dan terarah.

Update Android Wear 2.0 kabarnya akan segera disebarkan untuk LG G Watch dan Samsung Gear Live dalam waktu dekat ini.

Baca juga artikel:
Google Play Hadirkan Pemberitahuan Bila Aplikasi Mengandung Iklan
Update Google I/O 2016 dan Perkenalan Inovasi Baru dari Google
Google I/O 2016: Apa itu Google Home, Google Assistant dan Google Daydream?

Artikel Lainnya

Komentar