7 Alasan Agar Kamu Segera Pindah Ke Windows 10 Sebelum 29 Juli

7 Alasan Agar Kamu Segera Pindah Ke Windows 10 Sebelum 29 Juli

Oleh Aris Wibowo on Senin, 16 Mei 2016 | 14:59

Terhitung 29 Juli 2016, Windows 10 tidak lagi bisa dinikmati secara gratis bagi para pengguna Windows 7 dan Windows 8.1. Hal ini dilakukan Microsoft karena merasa uji coba sistem Windows terbaru ini sudah cukup sukses, bahkan sudah menjadi 300 juta perangkat di bulan Mei ini.

Namun, Apakah Windows 10 memang layak disebut sebagai sistem operasi terbaik? Sehingga kamu layak menggunakan sistem ini. Berikut ini 7 Alasan agar kamu segera memperbaharui sistem operasimu ke Windows 10.

Masih Gratis

Seperti yang diungkapkan di atas, Microsoft akan menghapus masa gratis sistem terbaru ini pada 20 Juli mendatang. Jadi, mumpung masih ada kesempatan untuk mencoba Windows 10 secara gratis, segera perharui sistem operasimu. Toh, apabila kamu kurang cocok dengan sistem ini, kamu masih memiliki opsi untuk kembali ke sistem operasi lama.

Dalam blog resmi Microsoft, Yusuf Mehdi selaku Corporate Vice President of Microsoft Windows and Devices Grup, mengatakan bahwa setelah tanggal 29 Juli 2016, versi penuh dari Windows 10 Home akan dihargai dengan harga US$ 119 atau Rp1,5 juta.

Konten Windows Store Dalam Windows 10 Lebih Baik

Awal diluncurkan, Windows Store dalam Windows 10 memang masih sederhana dan berisi beberapa game dan aplikasi saja. Namun, seiring perkembangannya, Windows Store saat ini sangat penuh dan beragam aplikasi hingga game yang menarik, gratis maupun berbayar.

Misalnya, kamu bisa menemukan aplikasi Facebook yang lebih ringan dan cepat dibandingkan versi Web. Kamu tidak perlu lagi membuka browser yang sering memakan RAM dari PC atau laptop.

Dalam Windows Store di Windows 10, kamu juga bisa membeli lagu atau menyewa film. Sayangnya secara keseluruhan kategori dalam Windows Store masih belum lengkap.

Mendapatkan Update Terus-menerus

Microsoft mendefinisikan Windows 10 sebagai sebuah sistem operasi yang “tidak pernah selesai”. Pengguna Windows 10 nantinya akan terus menerus mendapatkan pembaharuan, baik itu fitur maupun optimalisasi, selama perangkat yang mereka miliki masih kompatibel untuk menerimanya.

Misalnya pada bulan November tahun lalu, pengguna Windows 10 mendapatkan pembaharuan Microsoft Edge, Photos, dan kemampuan multitasking. Di Juli mendatang, Microsoft menjanjikan update bernama The Anniversary Update.

Ini menjadi salah satu perbedaan Windows 10 dengan sistem Windows lama.

Baca juga Windows 10 Baru Digunakan 300 Juta Perangkat, Targetnya 1 Miliar Pada 2018

Akses Game Eksklusif Xbox One

Microsoft selaku pengembang Windows 10, juga merupakan pengembang dari konsol Xbox. Maka, kedua perangkat dan sistem ini bisa terhubung dengan mudah. Bahkan untuk varian Xbox One sudah bisa berjalan dengan sistem operasi Windows 10. Maka para pengguna Windows 10 pun bisa mengakses game-game yang ada di Xbox One tanpa perlu memiliki konsol tersebut. Kamu cukup membeli game-game tersebut di Windows Store.

Bermain Game Di Mobile PC

Salah satu fitur menarik dalam sistem operasi ini ialah pengguna bisa memainkan beberapa game mobile langsung di PC. Kamu bisa menggunakan langsung mouse dan keyboard. Bahkan, beberapa game pun sudah mendukung penggunaan gamepad.

Kamu tidak lagi membutuhkan emulator Android untuk bisa melakukan hal ini. Cukup mencari game mobile yang diinginkan di Windows Store. Nantinya game-game mobile akan secara otomatis memindahkan mekanisme kontrol menggunakan mouse dan keyboard.  Ini tentu menjadi alternatif bagi kamu para gamer yang memiliki PC mumpuni, tapi smartphone dengan spesifikasi rendah.

Performa Lebih Cepat

Salah satu alasan agar kamu segera pindah ke Windows 10 ialah, performa dari sistem ini yang ternyata lebih cepat dibanding sistem Windows lama. Hal ini bisa terjadi karena, desain antarmuka sistem terbaru ini memang lebih minimalis, segar dan mudah dioperasikan. Sekilas, konsep antarmuka ini mirip dengan konsep flat Windows 8 dan tampilan Windows 7.

Dalam sistem Windows 10, kamu akan menemukan proses booting yang jauh lebih cepat dibandingkan Windows 7. Saat membuka aplikasi atau game pun, sistem ini juga cukup cepat. Tidak hanya itu, kini sistem ini sudah compatible dengan berbagai aplikasi dan game.

Microsoft Edge

Alasan tepat untuk pindah ke Windows 10 berikutnya ialah hadirnya browser baru Microsoft Edge. Seperti yang diketahui, sebelumnya internet explorer memang mengecewakan banyak pihak. Diharapkan dengan hadirknya browser ini memberi nuansa baru yang lebih cepat dan hemat daya sehingga membuat pengguna betah berlama – lama mengakses internet di Windows 10.

Fitur yang cukup unggul dalam browser ini ialah Edge tidak memakan RAM cukup banyak. Selain itu, terdapat fitur Web Note dan Reading View.

Web Note memungkinkan kamu untuk menandai atau mencoret suatu halaman situs kemudiannya menyimpannya secara offline ataupun Online.

Fitur reading view memungkinkan pengguna menghilangkan berbagai iklan atau pengganggu lainnya. Sehingga pengguna Microsoft Edge bisa lebih fokus dalam melihat situs yang dibuka.

Pindah atau tidak? Semua kembali ke pilihanmu. Namun, melihat alasan – alasan tersebut tampaknya pindah ke Windows 10 bukanlah hal yang sia–sia.

Baca juga artikel:
Windows 10 Kini Sudah Digunakan 13 Persen Pengguna Dunia
Microsoft Rilis Update Windows 10 dan Program Windows 10 Beta
Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming

Artikel Lainnya

Komentar