Asus Klaim Berada Di Peringkat Kedua Pasar Smartphone Indonesia

Oleh Aris Wibowo on Senin, 16 Mei 2016 | 10:59

Belum lama ini, Asus telah mengklaim bahwa pihaknya telah berada di posisi kedua pasar smartphone indonesia. Hal ini cukup beralasan mengingat penjualan produk Asus telah mengalami peningkatan pesat semenjak kehadiran produk smartphone Zenfone pada kuartal kedua 2014 lalu.

“Cukup menarik karena semakin membaik dari tahun sebelumnya. Lebih menariknya lagi, mulai terjun pada kuartal kedua 2014 sudah bisa di peringkat kedua, dan trend-nya terus meningkat dari kuartal ke kuartal. Memang di daerah Medan pertumbuhan Asus menurun. Namun, di kawasan lain pertumbuhan Asus lebih signifikan daripada yang lain.” Kata Head of Public Relation dan e-Marketing Asus Indonesia, Muhammad Firman.

Lebih lanjut lagi, Firman mengungkapkan peningkatkan tren smartphone terjadi di sejumlah kota besar seperti Bandung, Jabodetabek, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya. Selain itu, Toko yang awalnya menjual Notebook Asus juga mulai menjual smartphone Asus, sementara produsen lain kalau menjual laptop dan desktop belum tentu menjual smartphone.

Meski masih berada di bawah Samsung, Asus terus melakukan pendekatan untuk menguatkan brand melalui beberapa roadshow ke sejumlah daerah. Bahkan dalam waktu dekat, Asus akan menghadirkan roadshow dengan tajuk Maxperience untuk memperkenalkan ponsel Android terbarunya, Asus Zenfone Max.

Asus benar–benar berusaha menghadirkan koneksi emosional antara pengguna dengan smartphone Asus. Tak heran, banyak pengguna Asus yang benar – benar menyukai gadget yang dimilikinya. Asus telah melakukan riset di beberapa kota secara random sampling. Hasil lainnya pengguna setia Asus 92% adalah pria berusia 18 sampai 34 tahun.  Hasil selanjutnya ialah 74% konsumen menggunakan Asus karena produknya bagus dan 67% meyakini produk Asus lebih baik dari produsen lainnya.

Secara penjualan offline, Asus memang merajai beberapa kota. Hal ini tidak lepas dari jalur distribusi yang diklaim terkuat dengan menggandeng tiga distributor yakni Erajaya, Metrodata dan DataScrip. Meski cukup sukses dalam penjualan offline, Asus tidak melupakan penjualan secara online. Tak heran, Asus menggandeng sejumlah online store seperti Lazada dan Blibli dalam memasarkan produknya.

Baca juga artikel:
Asus ZenFone 3 Akan Rilis Sebelum Ajang Computex 2016
Asus Segarkan Varian Asus Zenfone Go 4.5 di Kamera dan Chipset
Asus Vivobook E403SA, Baterainya Bisa Tahan Selama 14 Jam

Artikel Lainnya

Komentar