Mode Power Saving Pada Browser Opera Hemat Baterai Laptop Hingga 50 Persen

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 13 Mei 2016 | 12:12

Baru-baru ini Opera mengumumkan telah mengembangkan browser Opera versi 30. Dalam perkembangannya, Opera menghadirkan mode power saving dalam brower ini. Mode ini diklaim mampu menghemat daya laptop hingga 50%.

Pembaharuan ini dirasa penting mengingat browser merupakan salah satu software yang paling sering digunakan pada komputer dan laptop. Maka pembaharuan ini bisa membuat pengguna laptop bisa browsing lebih lama. Sayangnya, browser terbaru ini masih dalam versi pengembang.

Semakin maksimalnya mode Power Saving dalam browser Opera 39 disebabkan dengan berkurangnya aktivitas dari tab latar belakang menyesuaikan page-redrawing frequency dan pengaturan parameter video playback. Selain itu, beberapa eleman dalam Browser juga telah disederhanakan. Bahkan sisi Animasi pun sudah dioptimalkan dalam Browser terbaru ini.

Opera juga menghadirkan pengelolaan memori RAM sehingga ketika tab terus dibuka, kinerja browser tetap responsiif. Selain itu, Opera juga menghadirkan fitur Ad blocker bawaan Opera yang baru  juga mampu mengurangi konsumsi memori hingga 47%. Maka dengan penggunaan ad blocker dan modus hemat daya, pengguna Operas bisa menghemat baterai laptop dengan lebih baik tanpa kehilangan performa.

Krystian Kolondra, SVP of Engineering untuk Opera, mengatakan akan sangat menyebalkan saat kamu kehabisan baterai saat kamu sedang bepergian, menonton video atau bahkan  saat ketinggalan charger.

Mode power Saving baru juga akan memberitahu kamu saat mode diaktifkan atau ketika laptop mulai mengkonsumsi baterai. Dengan gabungan mode power saving dan ad blocker membuat usia pemakaian baterai laptop kamu meningkat.

Nantinya setelah kabel listik laptop dicabut, akan muncul ikon baterai di sebelah kolom pencarian dan kolom alamat di Browser Opera 39. Kamu cukup klik ikon baterai tersebut untuk mengaktifkan mode power saving. Browser akan mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode power saving.

Menurut uji coba yang dilakukan Opera, Browser terbaru ini mampu berjalan 3 jam lebih lama dari browser lain di laptop yang menggunakan Windows 10 64-bit. Dengan mode power saving ini pengguna bisa semakin terbantu dalam bekerja.

Baca juga artikel:
Pakai Browser Opera Kini Bebas Iklan Tanpa Harus Gunakan Ad Blocker
Update Opera Hadirkan Fitur VPN Gratis Untuk Browsing Yang Lebih Bebas
Tips Optimalkan Sistem Operasi Terbaru di Ponsel Android

Artikel Lainnya

Komentar