UberPOOL, Layanan Berbagi Tumpangan dengan Tujuan yang Sama

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 11 Mei 2016 | 12:53

Guna menghadapi persaingan jasa transportasi online, Uber dikabarkan segera menghadirkan layanan baru untuk pasar Indonesia. Kali ini, Uber akan memperkenalkan layanan UberPOOL di Jakarta. Sebelumnya, layanan ini telah tersedia di Amerika, Paris dan Bangalore. 

Presiden Direktor PT Uber Teknologi Indonesia, Mike Brown mengungkapkan bahwa layanan UberPOOL merupakan layanan berbagai tumpangan perjalanan di area urban dengan tujuan yang sama. Menurutnya, Hal ini dapat membuat biaya perjalanan menjadi lebih hemat dan efisien. Penghematan bahkan bisa mencapai 50 persen dari tarif UberX dan lebih hemat daripada tarif taksi biasa.

Mike Brown menambahkan dengan layanan ini, para pengguna Uber dapat memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk melakukan perjalanan. Tidak hanya itu, sebuah perjalanan juga menjadi lebih hemat karena biayanya ditanggung bersama. Selain itu juga, Jakarta akan diuntungkan oleh berkurangnya kepadatan kendaraan, polusi dan parkir kendaraan.

Pihak Uber sendiri hingga kini belum memastikan kapan tepatnya layanan ini tersedia dan bisa digunakan di Indonesia. Selain itu, belum jelas juga tarif yang akan dikenakan untuk para penebeng. Sebagai perbandingan tarif saja, tariff UberPOOL di kota Manhattan dipatok dikisaran 66 ribu rupiah.

Baca juga UberMotor Mulai Beroperasi

Selain itu, layanan terbaru Uber ini kabarnya tidak akan berlangsung setiap saat, hanya pada jam–jam sibuk saja, mulai pukul 7.00 hingga 10.00 dan pukul 17.00 hingga 20.00. Selain itu, pengemudi yang memberi tumpangan tidak akan menjemput penebeng  langsung di depan rumah atau di tempat yang diinginkan. Penebeng harus menunggu di jalan yang memang dilewati oleh sang pemberi tumpangan.

Layanan menebang semacam ini memang bukan hal baru di Indonesia, walaupun umumnya hanya terbatas pada kerabat maupun teman satu kantor. Namun, di tanah air sudah ada komunitas serupa yang mewadahi aktivitas berbagai tumpangan ini.

Sebelumnya, sudah ada Nebengers, komunitas yang berawal dari Twitter ini mengizinkan siapa saja untuk memberi tebengan dan menebeng. Selain itu, biaya perjalanan ditentukan oleh pemberi tumpangan.

Selain itu, ada layanan transportasi on-demand Grab juga sudah punya fitur mirip UberPOOL bernama GrabHitch. Layanan ini baru beroperasi di Malaysia dan Singapura. Kabarnya layanan ini akan segera hadir di Indonesia.

Mengenai UberPool, pihak Uber berharap regulasi dari pemerintah tidak menghambat layanan terbaru ini. Sehingga bisa sesegera mungkin dilaksanakan. 

Baca juga artikel:
Update Aplikasi Uber, Hadirkan Informasi Pom Bensin Dan Toilet
Perang Tarif UberMotor, GoJek dan GrabBike di Indonesia
Pesan Taksi Blue Bird Kini Bisa Melalui Aplikasi Go-Jek

Artikel Lainnya

Komentar