Viv, Aplikasi Asisten Virtual Terbaru yang Diklaim Lebih Baik Dari Siri

Viv, Aplikasi Asisten Virtual Terbaru yang Diklaim Lebih Baik Dari Siri

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 10 Mei 2016 | 16:24

Seperti diketahui, Apple memiliki aplikasi asisten virtual bernama Siri yang cukup sukses membantu pengguna iPhone. Aplikasi yang dirilis dalam peluncuran iPhone 4S beberapa tahun lalu ini memang menjadi salah satu fitur unggulan yang terdapat dalam produk Apple.

Sayangnya, hingga generasi terbaru iPhone 6s dan iPhone SE, Siri masih memiliki berbagai keterbatasan. Asisten virtual ini masih belum bisa terhubung dengan aplikasi yang bukan milik Apple.

Alhasil, bila ada pertanyaan tertentu yang berkaitan dengan aplikasi yang bukan milik Apple, maka Siri akan mengarahkan jawaban hasil pencarian di internet. Menyadari hal tersebut, dua pencipta Siri pun menghadirkan proyek aplikasi asisten virtual baru bernama Viv.

viv

Baca juga Ini Daftar Pertanyaan Unik untuk Siri yang Layak Coba

Aplikasi Viv diklaim dibekali teknologi kecerdasan buatan yang lebih baik dari pada Siri maupun asisten virtual lainnya. Sebetulnya, Viv telah dikembangkan sekitar tahun 2012 lalu oleh Dag Kittlaus dan Adam Cheyer. Namun, baru 9 Mei kemarin aplikasi ini diperkenalkan ke publik. Dalam kesempatan tersebut, Viv berhasil mengungguli Siri dalam beberapa hal. Misal, kamu bisa memesan Pizza melalui Viv tanpa perlu mengetik apa-apa atau mengunduh sebuah aplikasi tanpa repot mencari.

Viv bekerja maksimal berkat integrasi mendalam dengan berbagai aplikasi pihak ketiga. Aplikasi asisten virtual ini mampu melakukan lebih dari sekadar memesan makanan, kamu juga bisa meminta memesan mobil dari layanan Uber. Bahkan Viv bisa menawarkan fungsi lebih dari 50 aplikasi dalam waktu yang lebih cepat.

Untuk menangkap suara pengguna, Viv menggunakan teknologi milik Nuance yang juga digunakan oleh Siri. Namun, Aplikasi ini lebih unggul karena bila aplikasi menemui kesulitan dalam menjawab pertanyaan pengguna, aplikasi ini akan secara otomatis membuat program khusus yakni Dynamic Program Generation. Program ini akan bisa memberikan solusi dari pertanyaan pengguna yang tidak bisa dijawab melalui data yang ada.

Sayangnya, aplikasi asisten virtual Viv belum memiliki virtual voice yang menjadi ciri khas Siri. Namun, pengembang aplikasi ini menjanjikan akan segera menambahkan fitur tersebut sesegera mungkin.

Dalam banyak hal, Viv mirip dengan platform Alexa dari Amazon. Walaupun demikian, Viv lebih unggul dengan teknologi kecerdasan buatan yang lebih baik. Kita nantikan saja perkembangan aplikasi virtual asisten ini masa mendatang.

 

Baca juga artikel:
RoBoHon, Smartphone Robot Android Pintar Nan Lucu
Cortana Untuk Android Resmi Dirilis Dalam Versi Beta
Cara Menjadikan Cortana Sebagai Asisten Pribadi di Android

Artikel Lainnya

Komentar