Pakai Browser Opera Kini Bebas Iklan Tanpa Harus Gunakan Ad Blocker

Oleh Aris Wibowo on Senin, 09 Mei 2016 | 17:39

opera update

Iklan memang sering muncul di sebuah laman sebagai bentuk pemasaran produk dan pendapatan bagi laman tersebut. Sayangnya, beberapa laman hadir dengan iklan yang mengganggu.

Tak heran, beberapa pengguna internet memasang fitur Ad Blocker pada Browser mereka. Bahkan menurut Survei, 90 persen pengguna web di Asia Pasifik telah mulai menggunakan Ad Blocker.

Pasalnya ada 67 persen pengguna internet di Asia Tenggara beranggapan iklan di internet sangat mengganggu. Menyadari hal tersebut, Opera meluncurkan fitur baru pemblokir iklan terintegrasi atau native ad blocker pada browser Opera Desktop dan Opera mini untuk Android serta iOS.

Tidak hanya mengganggu secara visual, iklan juga dianggap membuat kecepatan browsing melambat. Bahkan dua dari enam alasan utama mengapa pengguna memasang Ad blocker pada browser ialah kecepatan browsing yang menurun dan kuota data internet yang lebih boros. Tak heran dari data Global Web Index,  28 persen penguna internet di indonesia telah menggunakan ad blocker untuk menghentikan iklan – iklan di situs yang dikunjungi.

Lars Boilesen, CEO Opera dalam keterangan resminya mengatakan Opera merupakan browser pertama yang menawarkan native ad blocker di berbagai sistem operasi. Opera melakukan hal ini untuk bisa menyediakan browser tercepat bagi pengguna internet saat ini.

Baca juga Opera Hadirkan Fitur Adblocker Terbaru Untuk Versi Komputer

Berdasarkan tes kecepatan yang dilakukan, iklan online dapat memperlambat kecepatan browsing secara signifikan. Sekarang dengan Opera, pengguna bisa menjelajahi internet lebih cepat dibanding menggunakan browser lain.

Fitur baru Opera ini akan sangat berguna bagi pengguna smartphone. Seperti yang diketahui, layar smartphone tidaklah luas. Dengan iklan yang muncul maka pandangan layarpun terbatas, browsing menjadi lambat dan bisa boros kuota.

Dengan hadirnya Ad Blocker pada Opera mini versi update terbaru, waktu loading sebuah situs semakin cepat, bahkan hingga 40 persen dibandingkan browser tanpa ad blocker yang penuh iklan. Selain itu, fitur ini juga diklaim membuat hemat data hingga 14 persen.

Untuk mengaktifkannya di Android, kamu cukup masuk ke menu O di Opera mini. klik bagian ‘data savings summary’. Untuk pengguna iOS, fitur ad blocker hanya bisa digunakan dalam mode penghematan data Opera turbo.

Tidak hanya di smartphone, Ad blocker Opera juga efektif digunakan untuk komputer. Bahkan opera mengklaim AdBlocker miliknya bisa mempercepat waktu loading hingga 89 persen. Untuk menggunakan fitur terbaru Opera ini, kamu bisa masuk ke settings.

Baca juga artikel:
7 Browser Terbaik Untuk Mac OS X yang Bisa Kamu Pilih
Internet Explorer Pensiun, Opera Browser Siap Gantikan
Update Opera Mini Untuk Android Terbaru Bawa Fitur Video Boost

Artikel Lainnya

Komentar