Google Play Hadirkan Pemberitahuan Bila Aplikasi Mengandung Iklan

Google Play Hadirkan Pemberitahuan Bila Aplikasi Mengandung Iklan

Oleh Aris Wibowo on Senin, 02 Mei 2016 | 14:33

Ada cukup banyak aplikasi gratis di pasar aplikasi seperti Google Play Store hingga Apple iTunes. Menariknya, beberapa aplikasi atau game gratis tersebut hadir cukup menarik dan mengesankan.

Lalu, mengapa pengembang aplikasi tersebut mau menghadirkan aplikasi atau game secara gratis? Bukankah aplikasi dan game bisa menjadi ladang penghasil uang? Apalagi bila aplikasi atau game tersebut merupakan aplikasi yang populer dan sangat berguna. Jawabannya, aplikasi gratis selalu mengandung iklan. Iklan menjadi jalan bagi pengembang untuk mendapatkan uang.

Iklan Google Play

Sayangnya, beberapa iklan dalam aplikasi atau game gratis tersebut cukup mengganggu penggunaan dan pengoperasian. Dengan alasan tersebutlah, Google menghadirkan fitur baru dalam Google Play Store. Dengan fitur ini, Google Play akan memberikan pemberitahuan bahwa aplikasi yang hendak diunduh menganduk iklan. Nantinya dalam tombol install akan ada tulisan “Contains Ads”. Tulisan ini akan berdampingan dengan tulisan “in-app purchases”.

Baca juga Samsung Rilis Safety Screen, Aplikasi Pelindung Mata

Jika kamu tipe pengguna smartphone atau tablet yang memperhitungkan aplikasi harus bebas iklan, maka update terbaru ini akan memperingatkan dan berguna. Ini juga bisa menjadi salah satu faktor untuk memperhitungkan kamu untuk mendownload aplikasi tersebut atau tidak.

Dengan update Google Play Store ini, pengguna tidak lagi terkejut kala menggunakan aplikasi dan tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu. Seperti yang sudah dibahas di atas, pasalnya beberapa iklan ditempatkan cukup mengganggu. Alhasil, pengguna harus mengklik dan melihat iklan tersebut selama beberapa detik, sebelum iklan tersebut menghilang dari layar.

Tentu update Google Play Store ini akan sangat membantu pengguna yang menggunakan perangkat Android berlayar kecil. Tentu bukan hal yang menyenangkan bila membuka aplikasi ataupun bermain game di layar kecil dan penuh dengan konten iklan.

Sayangnya, update pemberitahuan iklan ini baru akan muncul pada aplikasi Google Play Store dalam kategori Family. Namun, Google berharap bulan depan semua aplikasi dan game di semua kategori sudah bisa mendapat pemberitahuan iklan ini. Selain update ini, Google Play Store juga menghadirkan pembaruan ikon.

 
Baca juga artikel
Aplikasi HaloDoc, Bisa Pilih Dokter dan Tersedia Layanan Apotik Antar
Update Microsoft Translator Android Hadirkan Penerjemah Teks Gambar
Womantalk, Aplikasi Informasi dan Konsultasi Bagi Wanita

 

Artikel Lainnya

Komentar