Tokoh Wanita dengan Semangat Kartini di Bidang Teknologi Dunia

Tokoh Wanita dengan Semangat Kartini di Bidang Teknologi Dunia

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 20 Apr 2016 | 19:00

April menjadi hari yang bersejarah dalam kesetaraan gender di Indonesia. Pasalnya tanggal 21 April diperingati sebagai hari lahirnya Ibu Kartini. Sosok wanita yang menjadi inspirasi banyak wanita modern saat ini karena berhasil mendobrak batasan saat itu sehingga kini wanita bisa beremansipasi dalam kehidupan.

Ternyata, banyak juga tokoh-tokoh wanita dengan semangat Kartini di bidang teknologi dunia. Beberapa wanita berhasil menciptakan penemuan-penemuan penting hingga menjadi pemimpin perusahaan besar dalam dunia teknologi. Berikut ini daftar tokoh-tokoh wanita tersebut yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Meg Whitman

Meg Whitman

Dalam usianya yang tidak lagi muda, Meg masih mempunyai kemampuan memimpin perusahaan yang cukup besar yakni Hewlett-Packard (HP). Perempuan paruh baya yang memiliki gelar MBA di Harvard Business School ini ternyata cukup sukses membangun produsen HP menjadi produsen teknologi berkelas dunia.

Meg yang bergabung menjadi CEO HP pada September 2011, bertanggung jawab penuh pada divisi yang menangungi riset dan pengembangan laptop hingga smartphone. Dalam satu tahun pertamanya sebagai presiden perusahaan HP, Meg berupaya keras mempertahankan aspek dan fokus bisnis perusahaan di dalam bidang PC yang dulu sempat hampir bangkrut.

Sebelum bergabung dengan HP, Meg sendiri sudah bergabung dalam perusahaan teknologi. Meg tercatat menjadi bagian dari The Walt Disney Company, Dream Works, Protec dan Gamble, Hasbro hingga eBay.

Angela Ahrendts

Angela Ahrendts

Apple memang identik dengan Steve Jobs. Namun, tahukah kamu, ada seorang wanita berusia 43 tahun yang ternyata juga menjadi salah satu pemimpin dari perusahaan asal Amerika ini. Angela Ahrendts menjadi salah seorang senior Vice President yang mengurusi pemasaran ritel Apple. Angela juga menjadi wanita yang identik dengan brand fashion ternama di Inggris yakni Burberry.

Kehadiran Angela mempunyai peran penting dalam menentukan strategi pemasaran Apple. bahkan memperkaya pengalaman pada sistem penjualan online shop hingga offline dari produk Apple.

Meskipun, banyak yang meragukan karena pengalamannya dalam dunia teknologi kurang banyak. Namun, semangat Kartini dalam dunia fashion dan bisnis membuat ia masuk ke dalam daftar wanita yang berpengaruh di negara inggris versi BBC.

Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg

Dalam urutan tokoh wanita dengan semangat Kartini ada Sheryl Sandberg. Sheryl merupakan alumni universitas Havard yang sekarang menduduki jabatan sebagai chief operating officer di Facebook. Sebelum bergabung dengan Facebook, Sheryl merupakan vice president dari Global Online Sales and Operations di perusahaan Google.

Kehadiran iklan di media sosial Facebook, menjadi salah satu peran Sheryl semenjak bergabung di Facebook. Kehadiran iklan menjadi bisnis yang menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Tak heran, hasil kerja Sheryl tersebut dihargai dengan dinobatkan dirinya menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time.

Baca juga 8 Aplikasi Android Untuk Kartini-kartini Masa Kini

Marissa Mayer

Marissa Mayer

Wanita cantik ini hadir dengan semangat emansipasi Kartini dalam mengembangkan perusahaan dari awal. Wanita ini sangat gemar mengakuisisi sejumlah perusahaan baru setelah menduduki posisi pimpinan tertinggi di Yahoo. Langkah paling besar yang dilakukan Marisaa tentu saat Yahoo memutuskan untuk membeli Tumblr. Langkah ini dinilai tepat sasaran. Tidak hanya itu, ia juga mengubah atau merenovasi desain logo Yahoo menjadi lebih ramping dan lebih menjual.

Alhasil, Yahoo pun mulai berkembang dan mulai kebanjiran pengguna. Bahkan pengguna Yahoo sempat tercatat lebih dari 800 juta orang di seluruh dunia. Atas pencapaiannya tersebut, Marissa masuk dalam daftar salah satu perempuan paling berpengaruh dalam bidang teknologi.

Amanda Rosenberg

Amanda Rosenberg

Nama Amanda Rosenberg sebetulnya terkenal bukan karena prestasinya, namun karena skandalnya dengan salah satu pendiri Google. Namun, ternyata karir yang dimiiliki wanita satu ini cukup baik. Wanita ini sukses menjabat sebagai marketing manager Google Glass. Di tangan dinginnya, beberapa proyek prototype google sukses dikembangkan, salah satunya tentu Google Glass.

Randi Zuckerberg

Randi Zuckerberg

Tokoh wanita inspirasi berikutnya ialah Randi Zuckerberg. Melihat namanya, ia adalah adik kandung dari CEO Facebook. Menariknya, meskipun bersaudara dengan Mark, Randi tidak termasuk ke dalam jajaran pendiri Facebook. Wanita ini justru memegang jabatan Marketing Director Facebook sebelum resmi meninggalkan Facebook pada Agustus 2011.

Semenjak keluar dari Facebook, randi pun mendirikan perusahaan sosial media baru yang diberi nama Zuckerberg media dan cukup sukses memproduseri konten-konten digital.

Nama-nama wanita di atas sukses bergelut dalam dunia teknologi dengan semangat Kartini yang tidak kalah dengan pria. Jadi, buat para wanita indonesia teruslah berkarya.

 
Baca juga artikel
Promo Gratis GrabBike Menyambut Hari Angkutan Nasional
Daftar Kamera Digital Terbaik Versi TIPA 2016
Setelah Seri Galaxy S, J dan A, Samsung Siapkan Seri Galaxy C

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 21 April 2016 - 16:41
Marissa Mayer cantik sekali ;)