Android N Akan Lebih Ramah Terhadap Pengguna Disabilitas

Android N Akan Lebih Ramah Terhadap Pengguna Disabilitas

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 13 Apr 2016 | 14:17

Pengadopsian Android Marshmallow saat ini masih dilakukan secara bertahap, dimana beberapa smartphone flagship masih menunggu antrian untuk menerima update. Kendati demikian, kabar keberadaan sistem operasi terbaru, Android N, semakin ramai diperbincangkan.

Sejak awal tahun lalu, keberadaan mengenai OS Android N mulai banyak diberitakan. Beberapa sumber menyebut bahwa ia akan dinamakan Android Nutella atau Nougat, diperkenalkan pertama kali ke publik pada pertengahan tahun 2016 ini.

Kabar terbaru, sistem operasi buatan Google ini akan lebih ramah terhadap pengguna disabilitas. Sejatinya, fitur ini memang sudah pada pada sistem operasi Android terdahulu. Namun, Google berencana memberikan peningkatan drastis pada OS barunya ini.

Dilansir Android Authority, Google mencatat bahwa lebih dari 20% populasi pengguna Android merupakan penyadang cacat fisik. Karenanya, Google ingin sistem operasi anyarnya ini dapat menunjang kebutuhan minoritas pengguna tersebut, dibuktikan melalui berbagai fitur baru yang tersedia di dalam OS Android N.

Android N

Fitur pertama yang dapat menunjang pengguna penyandang disabilitas adalah Vision Settings. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan ukuran font, melakukan pembesaran dan TalkBack. Yang menarik, fitur ini pun akan tampil di welcome screen, membuat pengguna penyadang disabilitas dapat melakukan konfigurasi perangkat sehingga sesuai kebutuhan ketika mulai menyalakannya.

Baca juga 7 Game Android Terbaik untuk Tablet April Ini

Android N

Sementara untuk pengguna yang ingin melakukan pengeditan dokumen melalui Google Docs, pengguna pun dapat memanfaatkan fitur perintah suara yang kinerjanya akan mengalami peningkatan. Disini, Google bekerja sama dengan Freedom Scientific, diharapakan hasilnya dapat bekerja lebih maksimal dalam memahami masukan suara pengguna.

Selain terdapat pada sistem operasi Android, Google pun melahirkan kemampuan aksesibilitas baru untuk Chromebook. Melalui ChromeVox, pengguna yang memiliki gangguan visual dapat menavigasi perangkat secara mudah dan cepat berkat penggunaan teknologi speech-to-text.

Balik lagi ke Android N, tidak hanya fitur untuk pengguna disabilitas yang ditingkatkan, melainkan akan terdapat sejumlah fitur baru yang mampu meningkatkan pengalaman user. Pertama, OS Android teranyar ini akan mempunyai tampilan UI yang lebih segar, fitur multi-window untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan, membalas pesan melalui notifikasi, mengelompokkan notifikasi berdasarkan aplikasi, serta efisiensi daya dan memori.

Sesuai dengan tradisi, biasanya Google memperkenalkan sistem operasi Android anyarnya melalui ajang tahunan Google I/O di bulan Mei. Mengenai peluncuran Android N, kita nantikan saja update selanjutnya, ya!

 
Baca juga artikel
Download Antivirus Android Ini Buat Keamanan Handphone
5 Fungsi Mode Pesawat Pada Handphone Android dan iOS
Update Google Foto Untuk Android Bawa Fitur yang Ada di iOS

Artikel Lainnya

Komentar