Line Akan Hentikan Support Aplikasi Untuk Blackberry?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Mar 2016 | 16:32

Line for Blackberry

Beberapa waktu lalu, dunia teknologi dihebohkan dengan pengumuman WhatsApp yang menghentikan dukungannya pada platform BlackBerry di akhir tahun 2016 nanti. Hal ini ternyata membuat beberapa pengembang aplikasi juga berpikir ulang untuk tetap bertahan di sistem operasi BlackBerry ini.

Sebut saja aplikasi Facebook yang juga menyatakan akan meninggalkan BlackBerry dengan menghentikan update aplikasi, dan diganti dengan versi browser mobile pada akhir bulan maret ini. Lalu, bagaimana dengan aplikasi perpesanan Line? Apakah Line akan menghentikan juga support pada OS BlackBerry?

Hengkangnya sejumlah aplikasi dari BlackBerry memang bukan tanpa alasan. Selama ini sistem BlackBerry dianggap jauh tertinggal dibanding sistem operasi Android dan iOS. Tidak hanya itu, jumlah pengguna sistem ini pun terus berkurang tiap tahunnya. Alhasil banyak pengembang aplikasi yang tidak bisa mengembangkan fitur aplikasinya di sistem BlackBerry ini.Line for Blackberry

Baca juga Instagram Ubah Tampilan Foto Berdasarkan Algoritma, Ramai Tagar #boycottinstagram

Tak heran, WhatsApp menghentikan support aplikasinya di seluruh sistem BlackBerry termasuk BB 10, Nokia s40 dan nokia Symbian S60. Tidak hanya itu, WhatsApp juga menghentikan support untuk Android lama dan Windows Phone 7.1.

Line pun sempat diisukan akan mengikut jejak WhatsApp dan Facebook meninggalkan BlackBerry. Namun, Director and CEO Line Takeshi Idezawa mengungkapkan Line tetap berada di smartphone BlackBerry. Hal ini disebabkan jumlah pengguna BlackBerry dibeberapa negara khususnya Indonesia sampai saat ini masih cukup tinggi. Line pun menyadari bahwa masyarakat indonesia masih mencari aplikasi perpesanan yang seru dan kaya fitur sehingga belum akan menghentikan supportnya pada BlackBerry.

Walaupun demikian, Takeshi Idezawa mengungkapkan bahwa bila dalam beberapa tahun ke depan, angka pengguna BB tidak lagi banyak, Line pun bisa jadi akan hengkang seperti WhastApp. Pasalnya, aplikasi mobile membutuhkan pengguna yang banyak untuk tetap berkembang.

Selain, memastikan akah tetap bertahan di sistem BlackBerry, Line juga berupaya untuk mengembangkan game baru yang sesuai dengan pangsa pasar Indonesia. Line menyadari indonesia merupakan pansa pasar yang sangat besar dan potensial bagi Line Game. Bahkan saat ini ada lebih dari 20 judul game populer yang dimainkan gamer indonesia.

Untuk itu, Line akan mencari kreator game menarik dari seluruh dunia untuk membuat game-game mobile yang semakin seru. Line bahkan akan berusaha menampilkan nuansa Indonesia pada beberapa game terbarunya di tahun 2016 ini. Kita nantikan saja.

 
Baca juga artikel
Infinix Hot 3 Masuk Indonesia Melalui Lazada
Update LINE Terbaru Hadirkan Fitur Panggilan Suara di Grup
Kini Pesan GoJek Bisa Pakai Line Tapi Bayar di Tempat

Artikel Lainnya

Komentar