Setelah WhatsApp Kini Facebook Tinggalkan BlackBerry

Oleh Aris Wibowo on Senin, 28 Mar 2016 | 12:05

Facebook for Blackberry

Akhir Februari lalu, dunia gadget dikejutkan dengan pengumuman resmi WhatsApp yang akan mencabut dukungan atau support terhadap beberapa sistem operasi termasuk salah satunya di sistem Blackberry (termasuk sistem operasi BB 10). Alasan penghentian ini disebabkan sistem operasi yang dimaksud sudah tidak digunakan banyak pengguna. Dan kini, menjelang akhir Maret, dunia gadget kembali dikejutkan kabar bahwa Facebook juga akan melakukan hal serupa, mencabut dukungan pada beberapa sistem operasi termasuk sistem Blackberry di akhir tahun ini. Hal ini tentu mengejutkan banyak pihak dan membuat sebuah misteri, bagaimana nasib Blackberry setelah ditinggal Facebook dan WhatsApp?

Keputusan menghentikan support dari Facebook tampaknya memang hampir mirip dengan WhatsApp. Namun, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Facebook soal keputusannya hengkang dari sistem Blackberry. Justru pihak Blackberry-lah yang terbilang cepat memberikan respon atas kabar Facebook tinggalkan Blackberry. Produsen asal Kanada ini tampak khawatir bila dukungan terhadap Facebook di sistemnya dicabut, akan mengurangi alasan konsumen untuk membeli perangkat baru dari Blackberry.

Baca juga Harga Handphone Blackberry Terbaru

Untuk meyakinkan Facebook bahwa sistem operasi Blackberry masih layak didukung, Produsen Blackberry melakukan sebuah kampanye di media sosial Twitter dengan mengusung hastag #IloveBB10Apps. Beberapa pengguna BB bahkan membuat petisi agar bisa mengubah keputusan Facebook dan WhatsApp untuk tetap menghadirkan dukungan aplikasinya di sistem Blackberry. Sayangnya petisi ini berjalan lambat. Meski sudah dibuka sejak awal maret ternyata baru 2000-an tanda tangan yang masuk padahal yang dibutuhkan 10 ribu tanda tangan.

Namun, bila hal ini gagal, Blackberry tengah menyiapkan pengganti WhatsApp yang akan banyak digunakan oleh pengguna Blackberry dari berbagai tipe. Namun, untuk Facebook, Blackberry masih belum menemukan solusi yang tepat. Pasalnya, pihak produsen Kanada ini tidak akan bisa membuat aplikasi pengganti Facebook. Hal ini karena Facebook juga memutus dukungan API untuk sistem ini. Padahal API atau Aplication Programming Interface sangat dibutuhkan oleh pengembang untuk membuat aplikasi baru untuk menghubungkan sistem Blackberry dengan Facebook.

Dalam kabar lainnya, Facebook akan menghentikan semua layanan dan update di sistem Blackberry. Bahkan, update terakhir Facebook di BB OS 7.1 dan BB OS 10 merupakan pengganti aplikasi Facebook menjadi launcher situs mobile Facebook. Alhasil, para pengguna Blackberry harus menggunakan browser biasa untuk mengakses Facebook.  

Jadi, apakah kamu masih tetap menggunakan Blackberry meski tanpa WhatsApp dan Facebook? Atau beralih ke sistem operasi lain seperi Android dan iOS?

 

Baca juga artikel
Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)
BlackBerry Vienna Terdeksi di GFXBench dengan Chipset Exynos
5 Hal Penting Mengenai BlackBerry Priv yang Wajib Kamu Ketahui

Artikel Lainnya

Komentar