Canon EOS 1300D, Kamera Entry Level Pas Buat Pemula

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 15 Mar 2016 | 14:02

Canon EOS 1300D

Beberapa tahun ini, kamera berdesain kompak mulai berkembang. Sebut saja produsen Sony yang beberapa kali menghadirkan kamera kompak dengan sensor 1 inci untuk memuaskan pengguna kamera digital.

Namun, sepertinya kamera kompak belum bisa mengungguli kemampuan kamera DSLR khususnya kamera DSLR berharga murah. Pasalnya, kamera DSLR memiliki sensor yang lebih besar dan bisa diganti lensanya. Jadi, daripada membeli kamera kompak, ada baiknya kamu membeli kamera DSLR entry-level saja. Seperti salah satunya kamera DSLR terbaru Canon EOS 1300D atau dikenal juga sebagai Canon EOS Rebel T6. Ini merupakan kamera digital Canon yang cocok untuk para pemula belajar fotografi.

Sebagai produk penerus seri Canon EOS 1200D, kamera DSLR Entry-level ini mempunyai fitur yang lengkap dibandingkan penduhulunya. Canon EOS Rebel T6 juga hadir dengan desain yang lebih segar guna memberikan kenyamanan bagi para fotografer pemula belajar memotret.

Canon EOS 1300D

Dibagian belakang, Canon EOS 1300D dibekali layar LCD dengan resolusi 920k dot. Layar ini terbilang sederhana tanpa fitur putar maupun touchscreen. Terdapat juga sebuah viewfinder optic yang mumpuni untuk membidik subjek. Tidak hanya itu, terpasang pula lensa kit EF-S 18 – 55mm f/3.5 – 5.6 IS II.

Baca juga Harga Kamera DSLR Canon Terbaru

Kamera DSLR murah Canon EOS 1300D sudah dibekali sensor CMOS APS-C 18 MP. Untuk menemani sensor CMOS tersebut, Canon juga menggunakan prosesor Canon DIGIC 4+. Spesifikasi ini membuat pengguna bisa memotret dengan lebih jelas dan tajam. Tak lupa, Canon memasang range ISO 100 – 6400 dan dapat ditingkatkan menjadi 12800 sehingga memadai untuk memotret dikondisi minim cahaya. Kamera ini juga sudah bisa digunakan untuk memotret gambar secara kontinyu dalam resolusi penuh dengan kecepatan 3fps.

Kamera Canon EOS 1300D juga sudah dibekali sistem autofocus 9 titik dan mampu digunakan untuk merekam video full HD pada kecepatan 25 fps atau 30 fps. Tak hanya itu, kamera DSLR murah ini juga bisa untuk merekam video HD dengan kecepatan lebih tinggi 60 atau 50 fps.

Disisi mode pemotretan, Canon memberikan fitur yang memudahkan pengguna belajar memotret. Kamu bisa menemukan mode sport, macro, portrait bahkan yang terbaru mode food. Mode food ini akan mengatur komposisi warna dan exposure makanan lebih baik.

Terakhir, Canon EOS 1300D dibekali fitur WiFi dan NFC yang memberikan kemudahan pengguna untuk share foto ke perangkat lainnya. Dengan tambahan aplikasi Canon Camera Connect, kamera DSLR entry-level ini dapat dikontrol dari jarak jauh dengan memakai smartphone. Untuk baterai, Kamera ini mampu digunakan memotret 500 gambar dalam sekali isi ulang. Kamera DSLR terbaru Canon EOS 1300D dipasarkan dengan harga US$ 550 atau sekitar Rp7,2 jutaan pada April mendatang.

Via dpreview

 

Baca juga artikel
Canon EOS 80D, Lekukan Body dan Letak Tombol Beda Dari EOS 70D
Canon EOS 1D X Mark II: Kamera Profesional Full Frame Seharga 82 Juta
Lima Kamera Canggih Terbaru Canon di CES 2016

Artikel Lainnya

Komentar