Berbagi Dokumen PDF Lewat WhatsApp Kini Bisa Dilakukan

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 15 Mar 2016 | 18:18

Whatsapp PDF

Di tengah semakin menjamurnya aplikasi perpesanan, WhatsApp masih menjadi yang populer. Aplikasi ini masih dipilih banyak pengguna smartphone mengingat aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur penunjang yang lengkap.

Bahkan baru-baru ini, WhatsApp menghadirkan fitur baru yang membuat pengguna WhatsApp bisa berbagai dokumen di WhatsApp. Hal ini memang tidaklah terlalu mengejutkan karena, WhatsApp sudah lama dapat digunakan untuk berkirim foto, video, kontak dan lokasi ke sesame pengguna.

Fitur berbagai dokumen ini kabarnya sudah bisa dinikmati pengguna WhatsApp di Indonesia baik untuk perangkat Android maupun iOS. Meski begitu, WhatsApp belum mengumumkan secara resmi mengenai fitur terbaru pada layanan pepesanan ini, yang pasti fitur ini hanya bisa dinikmati pengguna WhatsApp yang selalu update hingga versi terkini.

Whatsapp PDFVia prophethacker

Hingga saat ini, fitur berbagai dokumen di WhatsApp hanya bisa mengirim file dengan format PDF. Menurut laman Techcrunch, ke depannya, WhatsApp akan menghadirkan penyempurnaan sehingga dokumen dengan format lain akan bisa dibagikan.

Baca juga Daftar Harga Handphone Android dan iPhone Terbaru

Untuk menggunakan fitur berbagi dokumen di WhatsApp cukuplah mudah. Untuk pengguna Android, kamu cukup menekan ikon penjepit kertas yang terletak di antara ikon telepon dan ikon menu tiga titik. Ikon penjepit kertas tersebut bermakna untuk menyisipkan file. Setelah menekannya, enam format file yang didukung whatsapp akan muncul.

Kamu bisa memilih berbagi dokumen yang ada di pojok kiri atas. Pilihan file lainnya masih sama ada audio, lokasi, kontak hingga foto dan video.

Saat memilih dokumen, kamu akan dibawa ke penyimpanan dokumen pada smartphone. kamu bisa memiliih file berformat PDF yang hendak dibagikan ke pengguna lainnya. Yang terpenting dalam proses pengiriman file ini ialah baik si pengirim maupun si penerima file haruslah menggunakan Whastapp versi terkini. Bila si penerima masih memakai versi lawas, maka dokumen tidak bisa dibagikan.

Untuk pengguna iOS, kamu cukup menekan satu ikon di pinggir layar. Setelah itu memilih “share document”. Ketika membagi dokumen, WhatsApp baik versi iOS dan Android akan menampilkan pratinjau file, nomer halaman, ukuran dan tipe file.

Untuk meyakinkan pengguna bahwa file yang hendal dikirimkan memang sesuai, nantinya akan muncul pop up informasi file sehingga pengguna bisa melakukan pengecekan ulang apakah file yang akan dikirim tersebut benar atau bukan.

Whatsapp for iOS
Whatsapp for Android

 
Baca juga artikel
WhatsApp di BlackBerry dan Nokia Dihentikan Akhir Tahun Ini
Update Terbaru WhatsApp Kini Grup Bisa Sampai 256 orang
WhatsApp dan 16 Tips Menggunakannya Seperti Seorang Pro

Artikel Lainnya

Komentar