Bocoran Fitur dan Tampilan Android N Dari Google

Bocoran Fitur dan Tampilan Android N Dari Google

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 11 Mar 2016 | 13:23

Ajang tahunan Google I/O pada Mei 2016 mendatang tampaknya akan menjadi momen yang pas bagi Google untuk merilis sistem operasi terbarunya, Android N. Walaupun masih 2 bulan lagi, beberapa screenshot tampilan Android N sudah muncul di dunia maya. Bahkan yang terbaru, Google telah memposting tampilan Developer dari Android N yang kemungkinan dipasang untuk perangkat Nexus mulai Nexus 6p, Nexus 5x, Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player.

Dengan dirilisnya tampilan Android N versi Developer ini diharapkan Google bisa mendapat banyak masukan untuk pengembangan sistem operasi ini. Apalagi, Google memang cukup serius mengembangkan sistem ini agar pengguna smartphone dan tablet lebih nyaman.

Android N

Dari bocoran gambar tersebut, tampak jelas tampilan Android N benar-benar bersih dan segar, berbeda dengan sistem operasi sebelumnya. Sistem operasi terbaru ini juga diklaim lebih cepat dalam membuka aplikasi dan berpindah layar. Tidak hanya itu, sisi animasi dalam sistem ini juga lebih cepat dan lebih halus, sangat berbeda bila dibandingkan animasi pada sistem sebelumnya. Perubahan ini memang mengindikasikan Google serius mengubah elemen dasar dalam sistem operasi Android.

Dalam bocoran gambar tampilan Android N, tampak perubahan pada bagian tampilan notifikasi dan settings. Google tampak menghadirkan perubahan ikon dalam menu setting, informasi di bawah masing-masing fitur, dan tombol tiga strip untuk menavigasi tampilan berbeda pada setting. Tombol tiga strip atau tombol hamburger ini dihadirkan Google untuk menghemat waktu saat pengguna menavigasi dari satu tampilan ke tampilan lainnya.

Sementara itu pada bagian notifikasi Android N, bagian notifikasi hanya dipisah oleh garis-garis tipis. ikon aplikasi pun dibuat lebih kecil. Berbeda dengan tampilan sistem lama yang memperlihatkan sekat berjarak pada setiap bagian notifikasi. Tidak hanya itu, tampilan penyetelan cepat atau quick settings juga berubah lebih menimalis. Akan ada tombol ‘edit’ dibagian pojok kanan bawah. Hal ini membuat Android N akan meningkatkan kemampuan personalisasi antarmuka. Sayangnya, semua perubahan tampilan diatas masih bersifat sementara.

Selain tampilan Android N, Google juga membocorkan sedikit beberapa fitur yang akan dibawa sistem operasi ini.

Multi-windowAndroid N

Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, Google menghadirkan sebuah elemen baru bernama android:resizableActivity. Jika elemen ini benar adanya maka semua aktifitas dalam smartphone dan tablet dengan sistem Android N bisa dilakukan dengan mode split screen atau mode multi window. Pengguna bahkan bisa mengatur besarnya jendela yang dibuka sehingga semakin menarik. Pengguna bahkan bisa membuka banyak jendela dan beralih antar jendela dengan mudah, semudah berganti dari mode landscape ke mode portrait. Fitur ini diharapkan memudahkan pengguna yang gemar multitasking menggunakan perangkat mobile.

Baca juga Harga Handphone Android Terbaru

Direct Reply Notifications

Android N

Secara sederhana, fitur ini merupakan kemampuan untuk membalas notifikasi secara langsung dari notifikasi. Jadi jika ada notifikasi pesan masuk, kamu dapat langsung membalasnya dari layar notifikasi tanpa harus membuka aplikasi lagi.

Bundled Notifications

Android N

Fitur Android N ini akan membagi jenis – jenis notifikasi yang masuk ke perangkatmu. Jadi pengguna tidak perlu bingung dengan banyaknya notifikasi yang datang. Sebagai contoh, ada notifikasi facebook akan menjadi satu bagian, kemudian notifikasi whatsapp juga satu bagian dan notifikasi aplikasi lain satu bagian saja. Kamu cukup men-tap kumpulan notifikasi tersebut untuk membuka dan melihat notifikasi lebih jelas.

Fitur Efficiency

Fitur ini hampir mirip dengan fitur Doze pada Marshmallow untuk menghemat baterai saat smartphone dalam kondisi stationary. Dalam Android N, fitur ini akan menghemat baterai saat layar ponsel kondisi mati. Nantinya, pengguna bisa mengatur setting hemat daya. Pengguna bisa memilih prioritas untuk SMS saja untuk ketika kondisi baterai hampir habis. Selain itu, dalam Android N, fitur ini juga akan mengurangi memori RAM yang dipakai Android. Jadi ponsel akan lebih hemat Karena tidak bekerja keras.

Kabarnya tampilan Android N versi Developer ini sudah bisa dirasakan pengguna melalui Android emulator dan Nexus 6, Nexus 5x, Nexus 6p dan Pixel C. Google bahkan memberikan perlakuan khusus pada sistem Android N yang terpasang di Pixel C. pasalnya, Google ingin sistem Android N juga bisa dinikmati pada perangkat tablet.

Yang menarik, Google juga menghadirkan program Android Beta. Progam ini sama seperti miliki Apple yakni memungkinkan pengguna yang ingin merasakan sistem operasi baru sebelum sistem tersebut resmi dirilis. Diharapkan dengan hadirnya program Android Beta, Google mendapat banyak masukan mengenai Android N.

Kira-kira seperti itu bocoran tampilan dan fitur Android N. Untuk Nama, hingga kini Google memang belum memberi nama resmi pada sistem Android ini. Namun, sama seperti seri Android sebelumnya, Google akan memakai nama yang berkaitan dengan makanan. Setidaknya ada dua nama yang mencuat yakni Nougat dan Nutella. Jadi kita tunggu saja Mei mendatang.

*all images via AndroidPolice and AndroidPit

 

Baca juga artikel
Aplikasi Astronomi Android Untuk Mengamati Gerhana Matahari
Rumor: Android N (Nutella atau Nougat) Akan Dirilis Pertengahan 2016
Smartphone Android One Ternyata Ada Yang Premium

Artikel Lainnya

Komentar