XL Sukses Layani Kebutuhan Data Pelanggan Pada Gerhana Matahari Total Kemarin

Oleh Evan Yazid Praditya on Kamis, 10 Mar 2016 | 18:32

XL sukses melayani kebutuhan data pelanggan pada hari Rabu lalu dimana fenomena alam gerhana matahari total di Indonesia berlangsung. Seperti yang diberitakan sebelumnya, XL juga sukses menyiapkan layanan LTE di Belitung.

XL juga telah memantau dan melihat terjadinya kenaikan trafik pada layanan data pada saat sebelum gerhana matahari total dan setelah proses gerhana tersebut. Banyak pelanggan yang meng-upload dan download media seperti foto dan video dengan kapasitas yang besar. Hal ini terlihat dari trafik di jaringan 2G, 3G dan 4G. Meningkatnya pun cukup besar, sampai dengan 40% lebih banyak jika dibandingkan dengan dengan hari biasa.

XL

Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Seperti yang telah kami prediksi, fenomena GMT akan diabadikan oleh masyarakat luas, lalu mereka akan berbagi foto dan videonya mengenai gerhana tersebut ke mana saja. Selain GMT-nya sendiri, saya kira besarnya minat masyarakat untuk mengabadikan dan membagi foto dan videonya secara serentak di waktu yang hampir berbarengan ini merupakan salah satu fenomena tersendiri di era serba digital saat ini.”

Baca juga Harga Paket Internet XL Terbaru

Menurut Yessie, atas pertimbangan prediksi kebutuhan kapasitas jaringan yang memadai tersebut maka sejak jauh-jauh hari XL sudah menyiapkan jaringannya. Optimasi jaringan dilakukan di semua area yang menjadi perlintasan GMT, terutama di area-area yang ditetapkan menjadi lokasi pengamatan yang akan didatangi para wisatawan.

Kenaikan trafik ini sangat tampak mencolok di Palembang dan Belitung karena kedua lokasi ini menjadi lokasi pengamatan utama GMT. Di Palembang dan Palangkaraya terjadi kenaikan trafik lebih dari 30%, dan Balikpapan lebih dari 100%. Trafik data juga naik di Jakarta lebih dari 30%.

Nah, di Belitung kenaikan trafik layanan LTE terjadi berkali-kali lipat yaitu sebesar 3350%. Untuk layanan 3G naik mencapai 75% dan untuk layanan 2G naik sebanyak 85%. Seperti yang disebutkan di atas, banyak para pengguna yang menggunakan layanan internet XL untuk meng-upload dan men-download foto dan video dalam ukuran yang besar.

Di Belitung, selain pelanggan asli daerah tersebut juga berdatangan ribuan wisatawan dalam dan luar negeri. Begitu juga dengan di daerah lintasan GMT lainnya. Di lokasi-lokasi yang menjadi titik pengamatan, ribuan orang, warga setempat berbaur dengan wisatawan bersama-sama menyaksikan fenomena langka tersebut, dan mengabadikannya dengan berbagai perangkat, termasuk gadget. Kemudian mereka banyak meng-upload foto dan video hasil kamera mereka ke jejaring sosial.

 

Baca juga artikel
XL Uji Coba Layanan VoLTE dan RCS, Komunikasi Jadi Makin Oke
XL Prioritas, Paket Pasca Bayar Bagi yang Ingin Perlakuan Khusus
Indosat Ooredoo dan XL Axiata Berbagi Layanan 4G LTE

Artikel Lainnya

Komentar