Sistem di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Makan Memori 8GB

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 08 Mar 2016 | 20:36

via AndroidHeadlines

Bagi sebagian pemiliki smartphone khususnya smartphone Android, tentu mengetahui saat ini sudah tersedia berbagai kapasitas memori internal mulai 16GB, 32GB, 64GB hingga 128GB. Namun, tidak semua memori penyimpanan internal tersebut bisa digunakan sepenuhnya.

Misal memori 16GB hanya bisa digunakan 14GB, memori 32GB hanya bisa digunakan 29GB dan seterusnya. Ternyata memori yang terpakai tersebut digunakan untuk menyimpan data dari sistem Android dan userinterface dari sebuah smartphone. Menariknya, dari tahun ke tahun, memori yang tersisa dari memori internal semakin berkurang. Bahkan kabar terbaru menyebutkan sistem Android dan Touchwiz di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge membutuhkan memori hingga 8GB.

Hal ini tentu cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, memori internal 8GB terbilang cukup besar untuk sebuah kapasitas penyimpanan sistem operasi. Artinya, pengguna Samsung Galaxy S7 series hanya bisa menikmati 24 GB memori internal yang tersisa. Jadi, jangan kaget bila memori internal Samsung Galaxy S7 milikmu tersisa sedikit.

Untungnya, besarnya memori internal yang digunakan sistem operasi telah tergantikan dengan hadirnya kembali slot microSD untuk tambahan memori. Hal ini juga menjadi dasar keputusan Samsung untuk tidak mendukung konversi penyimpanan eksternal menjadi internal seperti yang ditawarkan Android Marshmallow pada umumnya. Jadi pengguna Galaxy S7 bisa memindahkan aplikasinya ke kartu memori dengan lebih mudah seperti versi Android sebelumnya.

Baca juga Harga Smartphone Android Samsung Terbaru

Sekedar informasi Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge hadir dengan spesifikasi yang cukup gahar. Samsung menawarkan desain premium dengan balutan bodi metal berlapis kaca. Berbeda dengan versi Galaxy sebelumnya, Samsung sudah menghadirkan fitur IP 68 yang membuat smartphone anti air dan anti debu.

Untuk layar, Samsung Galaxy S7 memakai layar berukuran 5,1 inci dan S7 Edge menggunakan layar 5,5 inci. Keduanya menggunakan resolusi layar QHD 1440 x 2560 pixels. Pada bagian mesin, Samsung memakai mesin Qualcomm Snapdragon 820 dan Exynos 8890. Prosesor tersebut akan disokong RAM 4GB. Untuk memori penyimpanan, Samsung menghadirkan memori internal 32GB dan 64GB. Menariknya, Samsung menghadirkan slot microSD 200GB.

Untuk kamera, Samsung Galaxy S7 memakai kamera utama 12MP dengan Dual Pixel. Untuk kamera depan terpasang kamera 5 MP. Hadir dengan baterai 3000 mAh, Samsung juga menghadirkan Fast Battery Charging.

 

Baca juga artikel
Mau Pre-order Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge? Kunjungi 7 e-Commerce ini!
Samsung Galaxy S7 & S7 Edge Yang Masuk Indonesia Gunakan Exynos 8890
5 Keunggulan Samsung Galaxy S7 Edge Dibandingkan iPhone 6s plus

 

Artikel Lainnya

Komentar