Aplikasi Astronomi Android Untuk Mengamati Gerhana Matahari

Aplikasi Astronomi Android Untuk Mengamati Gerhana Matahari

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 08 Mar 2016 | 15:31

Indonesia menjadi negara yang cukup beruntung bisa menikmati gerhana matahari total pada 9 Maret esok. Pasalnya, gerhana matahari hanya melintasi sebagian wilayah Asia saja dan Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berada dalam jalur lintasan gerhana matahari total.

Bagi kamu yang tidak mendapat kesempatan untuk menyaksikan fenomena ini secara langsung, kamu masih bisa memanfaatkan smartphonemu dengan memasang aplikasi Astronomi untuk Android.

Dalam artikel kali ini Pricebook akan mencoba membagikan beberapa aplikasi Astronomi yang bisa kamu gunakan untuk memantau gerhana matahari hingga fenomena alam lainnya. Berikut ulasannya.

Google SkymapGoogle Skymap

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi resmi dari Google untuk memantau langit. Google Skymap memiliki fitur-fitur yang berguna untuk memaksimalkan fitur-fitur yang sudah ada di smartphone Android. Dalam aplikasi ini, pengguna akan menemukan berbagai pilihan mode untuk menjelajah langit malam.

Diawal penggunaan, aplikasi ini akan muncul dengan mode automatic dimana ketika pengguna ingin mengetahui posisi benda langit atau mengetahai benda langit yang ada di atas pengguna saat itu juga. Pengguna cukup mengarangkan smartphone atau tablet Android ke langit, bahkan bila pengguna ingin belajar rasi bintang, pengguna cukup mengetik nama rasi bintang atau benda langit yang diinginkan. Nantinya secara otomatis aplikasi Astronomi Android ini memberikan petunjuk bahkan anak panah ke objek yang dimaksud.

Aplikasi Google Skymap memang memanfaatkan perangkat GPS bawaan smartphone atau tablet. Sehingga secara otomatis saat pengguna mengarahkan perangkat ke arah tertentu, maka Google Skymap akan menggunakan data lokasi pengguna berada. Yang menarik, aplikasi ini tidak memakan RAM terlalu banyak dan tidak membutuhkan koneksi internet.

Download aplikasi Google Skymap

StellariumStellarium

Aplikasi Astronomi Android ini menjadi pilihan yang cukup pas untuk membantu mengamati gerhana matahari. Kamu bahkan bisa menyaksikan gerhana melalui layar smartphone bila tidak bisa melihat secara langsung atau tidak memiliki alat khusus. Aplikasi Stelarium ini juga tidak jauh berbeda dengan Google Skymap. Dalam aplikasi ini, kamu bisa mempelajari kondisi langit dan benda-benda angkasa lainnya.

Dengan memanfaatkan GPS, kamu bisa mengamati gerhana matahari 9 Maret besok dengan mudah bahkan di berbagai lokasi berbeda. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pergerakan dan orbit komet hingga pergerakan matahari dan bulan melalui aplikasi Astronomi ini.

Download aplikasi Stellarium

Baca juga Tips Memotret Gerhana Matahari dengan DSLR Maupun Smartphone

SundroidSundroid

Aplikasi Astronomi ini hadir dengan versi berbayar dan gratis. Aplikasi Astronomi ini bisa digunakan untuk menentukan kapan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menentukan waktu terbit dan terbenamnya benda langit lainnya. Bahkan, aplikasi ini bisa menentukan waktu gerhana bulan dan matahari dengan baik. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan kalender astronomi tahunan lainnya. Tentu aplikasi ini akan sangat berguna untuk kamu menentukan waktu yang pas melihat gerhana matahari 2016.

Download aplikasi Sundroid

EclipseDroidEclipseDroid

Aplikasi Astronomi ini hadir dengan versi baru menjelas peristiwa gerhana matahari total 2016. Aplikasi buatan Jerman ini dapat menghitung durasi gerhana sehingga mampu mendukung pengamatan gerhana. Selain itu, aplikasi ini akan menampilkan simulai gerhana matahari dan bulan di dunia yang terjadi dari tahun 2016 hingga 2019 mendatang. Yang menarik, aplikasi ini sudah hadir dalam bahasa Indonesia.

Pengguna bisa memilih kota atau lokasi pengamatan hingga waktu gerhana. Aplikasi EclipseDroid terbilang detail dan cukup membantu kamu dalam mengamati gerhana matahari. Apalagi, aplikasi ini juga dibekali fitur ramalan cuaca yang tersambung ke beberapa situs lain. Ini bisa menjadi acuan kamu kala hendak melihat gerhana matahari secara langsung.

Download aplikasi EclipseDroid

Baca juga Jelang Gerhana Matahari Total, XL Siapkan Internet LTE di Belitung

Eclipse CalculatorEclipse Calculator

Aplikasi Astronomi Android ini akan menyajikan data dan simulasi mengenai fenomena gerhana baik gerhana bulan dan matahari. Aplikasi Eclipse Calculator juga akan menunjukan orbit bulan dan orbit matahari. Aplikasi ini akan menampilkan data-data akurat yang tersambung dari lembaga antariksa spanyol di Barcelona. Aplikasi ini akan memanfaatkan GPS smartphonemu dan mengirim data sesuai lokasimu berada. Sayangnya, aplikasi ini hanya hadir dalam bahasa Inggris dan spanyol saja.

Download aplikasi Eclipse Calculator

Solar Eclipse 2Solar Eclipse 2

Aplikasi Android gratis ini hadir untuk membantu kamu mengamati gerhana matahati 2016. Kamu akan menemukan berbagai menu yang cukup membantu. Kamu bisa memilih menu map untuk menampilkan lokasi jalur gerhana matahari. Kamu bisa melihat daerah mana saja yang terkena gerhana matahari total ataupun gerhana matahari sebagian.

Ada juga menu kamera, kamu bisa menggunakan kameramu sebagai kompas untuk melihat arah kedatangan matahari ataupun arah terbenamnya matahari. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan perkiraan cuaca yang cukup lengkap. Jadi kamu bisa bersiap-siap bila esok hari akan datang hujan atau tidak.

Demikian aplikasi astronomi untuk perangkat Android yang bisa kamu gunakan. Sebaiknya persiapkan perangkatmu dengan baik bila hendak memotret. Jangan lupa selalu lindungi mata dan hindari melihat matahari secara langsung dalam waktu lama.

Download aplikasi Solar Eclipse 2

 

Baca juga artikel
Fakta Seputar Gerhana Matahari 9 Maret 2016 dan Cara Aman Menikmatinya
9 Aplikasi Pendeteksi Gempa Dalam Smartphone Kamu
Handphone Terasa Lemot, Hapus Saja 5 Aplikasi Ini

Artikel Lainnya

Komentar