Mengenang Ray Tomlinson, Penemu E-mail Era Modern

Oleh Aris Wibowo on Senin, 07 Mar 2016 | 21:00

Ray Tomlinson

Di era modern seperti sekarang, email sudah menjadi kebutuhan yang penting. Banyak orang menggunakan email untuk berkomunikasi, bekerja hingga berbisnis. Bahkan untuk pengguna smartphone, memiliki email menjadi sangat penting untuk dapat mengakses semua fitur yang terdapat dalam smartphone. Bahkan email menjadi alat untuk mendaftar ke toko aplikasi pada smartphone. Namun, tahukah kamu siapa penemu dari Email? Dialah Ray Tomlinson.

Pria kelahiran New York, 23 April 1941 merupakan seorang programmer komputer yang cukup sukses menciptakan email era modern internet. Ray Tomlinson pertama kali menciptakan sistem email dalam ARPANET. Ini merupakan sistem pertama yang menghubungkan berbagai pengguna dengan koneksi host yang berbeda-beda. Langkah ini cukup menyita perhatian banyak orang. Pasalnya email lama hanya bisa dikirim ke orang-orang yang menggunakan komputer yang sama. Maka, dengan koneksi host yang berbeda, Ray Tomlinson menggunakan simbol ‘@’ untuk memisahkan pengguna dari mesin, dan simbol tersebut masih digunakan hingga saat ini tidak hanya untuk email saja.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2012 silam, Ray Tomlinson memgatakan jika ia merasa bawah email adalah cara yang lebih baik untuk menyampaikan pesan. Email dianggap lebih praktis karena tidak mengharuskan seseorang untuk berada di ujung perangkat yang lain pada waktu yang sama. Apalagi saat itu, tidak semua orang memiliki mesin penjawab telepon.

Baca juga 8 Email Alternatif Untuk Menggantikan Email Bawaan iPhone

Ray Tomlinson

“Semua orang memiliki ide yang bisa ditulis atau tinggalkan sebuah pesan di komputer. Sebagai jaringan yang sedang tumbuh dan semua pertumbuhan sistem sangat cepat. Maka, ini akan menjadi salah yang sangat berguna. Akan ada jutaan orang yang bisa berpotensi terhubung tanpa repot, ujar Ray Tomlinson.

Ray Tomlinson sendiri telah mengirim email dengan isi ‘QWERTYUIOP’. Sebuah email sederhana namun tanpa makna. Email ini akhirnya bisa sampai ke host berbeda dan menjadi tanda era email modern seperti saat ini. Ray mengungkapkan email pertama ini memang tidak jelas isinya namun tidak akan pernah terlupakan dalam sejarah perkembangan email dunia.

Sayangnya, seperti dikutip dari enbe.co, programer terkenal tersebut baru saja meninggal dunia pada usia ke 74 tahun, Ray Tomlinson ditemukan di kediamannya di Cambridge sudah meninggal dengan perkiraan gagal jantung.

 

Baca juga artikel
Pilihan Email Client Terbaik di Android
Cara Lindungi Email dari Peretasan
Pemilik Nexus Laporkan Aplikasi Gmail dan Inbox Bermasalah

Artikel Lainnya

Komentar