Siapa Georges Perec yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini?

Oleh Alena Yulitta on Senin, 07 Mar 2016 | 19:02

Hari ini (7 Maret 2016) jika kamu membuka Google maka yang nampak adalah logo animasi Google yang tiba-tiba huruf “E”-nya menghilang sehingga tinggal “Googl” saja. Apa yang diperingati oleh Google hari ini sehingga animasinya cukup sederhana? padahal biasanya Google Doodle memiliki animasi yang sangat menarik. Jika logo animasi Google tersebut di-klik ternyata pengguna dibawa ke mode pencarian dengan keyword Georges Perec.

Siapakah Georges Perec?

Dari beberapa sumber yang didapatkan, Georges Perec adalah seorang penulis novel, pembuat film dan banyak lagi. Singkatnya dia adalah seorang pekerja seni, salah satu karya filmnya yang terkenal dan mendapatkan penghargaan Prix Jean Vigo adalah film dengan judul Un Homme Quidort (The Man Who Sleeps) pada tahun 1974.

Rupanya hari ini adalah hari lahir Georges Perec. Ia lahir pada tanggal 7 Maret 1936 di Paris dan meninggal 3 Maret 1982 di Ivry Sur Seine. Semasa hidupnya, Georges Perec adalah seorang penulis novel yang terkenal, pembuat film, ahli dokumentasi dan juga seorang penulis essay. Ayahnya, Icek Judko, meninggal di tengah Perang Dunia  Kedua, saat ia masih kecil dan ibunya, Cyrla Peretz, terbunuh pada peristiwa Holocaust. Sejak saat itu Georges Perec hidup dengan paman dan bibinya.

Baca juga Google Siapkan Wajah Baru Waze Untuk Pengguna Android

Karir dan Karya Georges Perec

Georges Perec adalah sosok yang sangat produktif. Ia memulai karirnya dengan menulis essay serta review untuk beberapa majalah sastra di Paris sembari menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa sejarah dan sosiologi di universitas Sorbonne. Georges Perec juga pernah berkarir sebagai tentara, yaitu sebagai penerjun di tahun 1958-1959. Setelah keluar dari tentara ia menemukan tambatan hati dan menikahi Paulette Petras. Setelah menikah mereka tinggal di Sfax, Tunisia selama setahun dimana istrinya bekerja sebagai seorang guru. Pengalaman setahun di Sfax Tunisia dituangkan Georges Perec ke dalam sebuah cerita berjudul Things: A Story of the Sixties.

Georges Perec sering berganti karir. Ia juga pernah bekerja di salah satu laboratorium penelitian syaraf Neurophysiological Research Laboratory pada tahun 1961 dan kemudian di rumah sakit Saint Antoine sebagai pegawai rendahan, hingga tahun 1978. Georges Perec juga berkarir sebagai pengarang drama radio serta membuat film berdasarkan novel perdananya Un Homme Qui Dorf.

Tak terhitung lagi karya-karya dan penghargaan yang dihasilkan oleh Georges Perec. Sayangnya Georges Perec tak berumur terlalu panjang. Kesehatanya menurun drastis karena terserang kanker paru-paru yang diakibatkan oleh kebiasaaanya merokok. Georges Perec adalah perokok berat dan ia meninggal di usia 45 tahun. Hari ini Google Memperingati ulang tahun Georges Perec yang ke 80.

 

Baca juga artikel
Awas! Ada Tombol Download Palsu di Google Chrome
5 Aktivitas di Smartphone Android yang Terus Dipantau oleh Google
5 Aplikasi Android Terbaik Versi Google Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar