Dari Data di Ponsel Diyakini Bisa Membuat Kembaran Virtual Pemakainya

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 03 Mar 2016 | 18:23

Saat sekarang siapa yang tak punya ponsel Android atau smartphone? Hampir semua orang, dari mulai anak-anak sampai manula mempunyai benda yang canggih itu, hanya segelintir orang saja yang tidak mempunyainya.

Bagi kebanyakan orang, smartphone adalah alat komunikasi canggih yang menghubungkannya dengan dengan orang lain melalui pesan di media sosial, berbagai aplikasi chatting, membuat dan berinteraksi lewat blog, jual beli dan banyak lagi.

Namun ada yang jarang atau bahkan tidak diketahui oleh pemilik dan pengguna ponsel Android bahwa benda yang setiap hari mereka pegang tersebut menyimpan banyak sekali informasi dan rahasia pribadi pemiliknya, bahkan merekam apa saja yang telah dilakukan.

Benda mungil bernama smartphone itu bisa tahu semua step yang pengguna lakukan untuk membuka akun perbankan mereka, termasuk informasi login, password, lokasi dan sebagainya. Bahkan smartphone juga menyimpan data ada di mana kamu dan dengan siapa, hadiah apa yang kamu belikan untuk ultah ibumu dan siapa yang kamu pilih nanti pada saat pemilu. Bahkan smartphone juga menyimpan data kau tadi malam tidur dengan siapa.

Baca juga Harga Handphone Android terbaru

Semuanya terungkap ketika FBI dan Apple berdebaat dalam sebuah persidangan dimana penyidik FBI memenangkan gugatan pengadilan agar Apple membantu unlocking atau membongkar isi sebuah iPhone milik Syed Rizwan Farook, yang beberapa waktu sebelumnya melakukan penembakan di tempat kerjanya dan menewaskan 14 orang, di California.

Apple bersikeras menolak permintaan bantuan untuk membongkar perangkat iPhone tersebut karena mengganggap permintaan bantuan untuk membongar iPhone tersebut melanggar undang-undang yang mengatur privasi dan juga sangat berbahaya. Mereka mengingatkan bahwa apapun yang dilakukan untuk melakukan override terhadap enkripsi pada iPhone bisa membantu hacker untuk bertindak jahat.

Bahkan menurut Elad Yolan, CEO Koolspan Inc, sebuah perusahaan keamanan, mengatakan bahwa “ Anda dapat mengekstrak cukup banyak informasi dari ponsel pribadi seseorang dan membuat kembaran virtual dari orang tersebut”. Bahkan Tim Cook mengatakan kepada ABC News “ Mungkin ada lebih banyak informasi tentang diri kamu sendiri di ponselmu daripada yang ada di rumahmu”. Ia menambahkan bahwa ponsel iPhone produksi perusahaan mereka penuh dengan percakapan yang super pribadi, data-data keuangan, catatan kesehatan, dan juga lokasi anak-anak dalam berbagai kesempatan.

Ada pula rekaman history. sejarah panggilan yang kita lakukan dan kita terima, sms, foto, daftar kontak, tanggal-tanggal yang ditandai, memo, notes, email,  akun bank, informasi saldo, dan bahkan informasi login ke situs-situs ecommerce.

Jadi jika menggunakan smartphone, berhati-hatilah dengan semua data yang kita masukkan. Ada kalanya kita lalai dalam meletakkan smartphone kita ataupun tertimpa sial ada orang yang mencuri smartphone kita, bisa-bisa kemalangan tersebut akan terus berlanjut jika kita tak hati-hati.

 

Baca juga artikel
Vivo Xplay 5 & Xplay 5 Elite, Layar Mirip Galaxy S7 Tapi RAM 6GB
9 Aplikasi Pendeteksi Gempa Dalam Smartphone Kamu
Jelang Gerhana Matahari Total, XL Siapkan Internet LTE di Belitung

Artikel Lainnya

Komentar