Rumor: iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Hadir dengan Dual Lens Camera

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 03 Mar 2016 | 18:51

Setelah beberapa waktu lalu Samsung melepas senjata barunya untuk tahun 2016 yakni Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge, Kini mata dunia kembali mengarah ke Apple yang sudah sejak lama menyiapkan produk terbarunya iPhone 7. Dari info terkini, iPhone 7 kabarnya baru akan dirilis musim gugur 2016 seperti waktu dirilisnya iPhone 6s dan iPhone 6s Plus pada bulan September 2015 lalu. Walaupun masih cukup lama, ternyata rumor yang berkembang mengenai ponsel iOS terbaru ini sudah cukup banyak.

DesainiPhone 7

Apple sendiri saat ini dikabarkan sedang mendesain body iPhone 7. Sayangnya, belum ada bocoran mengenai penampakan ponsel iOS ini. Walaupun demikian, beberapa sumber meyakini, iPhone terbaru masih akan mengusung desain yang sama dengan iPhone 6s. Apple mungkin hanya akan memperbarui lekukan bodi sehingga lebih nyaman digunakan dan digenggam.

iPhone 7 juga akan menggunakan rangka baru. Kabarnya Apple menyiapkan rangka anti air yang akan dibalut casing aluminium dengan material baru sehingga iPhone 7 tampak lebih mewah dan kuat dibanding iPhone lama.

Apple bahkan berencana membuat iPhone 7 setipis iPod Touch, hanya 6,1 mm. Tak heran ada kabar yang berhembus bila iPhone 7 akan hadir tanpa headphone jack. Bila kabar ini benar, Apple akan mengganti headphone jack dengan speaker stereo yang lebih baik. Walaupun tanpa Headphone jack, pengguna masih bisa menggunakan Bluetooth Headphone yang terhubung secara wireless.

Layar

Sama seperti seri sebelumnya, Apple akan menghadirkan dua varian iPhone baru yakni iPhone 7 dan iPhone 7 plus atau disebut juga iPhone Pro. Apple mengatakan bahkan masih akan mengunakan layar 4,7 inci dan 5,5 inci sama seperti seri iPhone 6 dan iPhone 6 plus. Layar ini tentu sudah disokong resolusi Full HD.

Baca juga Harga Handphone Apple iPhone Terbaru

Yang menarik, Apple dirumorkan sedang mengembangkan teknologi layar AMOLED untuk iPhone dimasa depan. Sepertinya layar AMOLED ini belum adan digunakan pada iPhone 7. Apple masih akan menggunakan layar TFT LCD yang sama seperti seri iPhone 6s.

Kamera

iPhone 7

Saat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dirilis, Apple memberikan perbedaan pada kedua perangkat tidak hanya di sisi layar tetapi juga sektor kamera. iPhone 6 Plus hadir dengan kamera yang lebih mumpuni termasuk adanya fitur Optical Image Stabilization. Hal ini nampaknya juga akan berlaku pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Menurut sebuah sumber di Cina, Apple akan menghadirkan dua versi dari iPhone 7 Plus. Versi pertama hadir dengan kamera single lens dan versi kedua hadir dengan kamera dual lens. Ada pula rumor yang menyebutkan bahwa iPhone 7 plus dengan dual lens camera merupakan versi yang berbeda, yang akan menggunakan nama iPhone Pro. Sayangnya, rumor ini masih belum jelas hingga kini. Yang pasti, Apple memang sedang mengembangkan kamera baru untuk iPhone 7 bekerja sama dengan sejumlah produsen di Jepang, Cina dan Taiwan.

Jika Rumor ini benar adanya, iPhone 7 Plus akan menggunakan kamera utama 12 MP dengan Dual lens camera. Apple masih akan menggunakan teknologi yang dikembangkan LinX Imaging. Teknologi Dual lens dari Linx akan menawarkan berbagai keuntungan baru. Kabarnya kamera iPhone terbaru mampu untuk 2 – 3x optical zoom. Tidak hanya itu, foto yang dihasilkan juga akan semakin jelas dan bebas dari noise. Bahkan kamera iPhone 7 diklaim mumpuni saat digunakan memotret di kondisi gelap.

Dengan kamera baru ini, tentu hasil bidikan iPhone 7 Plus lebih meningkat dibanding seri iPhone sebelumnya. Tidak hanya itu, Apple juga berharap kamera baru di iPhone 7 plus bisa memberikan pengalaman layaknya memotret DSLR.

Baca juga Menghapus Aplikasi Facebook iOS Tingkatkan Daya Baterai iPhone

Mesin

Pada bagian internal hingga kini belum ada informasi ataupun bocoran mengenai spesifikasi iPhone 7. Yang pasti, Apple merancang perangkat ini lebih powerful, lebih efisien dan lebih tipis. Ada pula yang menyebutkan iPhone 7 akan menggunakan prosesor generasi terbaru A10 yang dikembangkan oleh TSMC.

Menurut laporan KGI securities analyst Ming-Chi Kuo, IPhone 7 dan iPhone 7 Plus akan menggunakan RAM yang berbeda. iPhone 7 akan menggunakan RAM 2 GB dan iPhone 7 Plus akan menggunakan RAM 3GB. ini tentu membuat pengguna iPhone bisa memilih perangkat sesuai kebutuhannya.

Yang menarik, dalam memori penyimpanan, ada rumor yang berhembus iPhone 7 dan iPhone 7 Plus akan dibekali memori internal hingga 256 GB. Rumor lainnya menyebutkan kapasitas ini hanya akan ada di iPhone 7 Plus. Sementara iPhone 7 masih mentok pada memori 128 GB.

Wireless Charging

Dengan desain iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang kian tipis, Apple kemungkinan akan menghadirkan teknologi wireless charging untuk mengisi baterai ponsel iOS terbaru ini. Rumor ini tampak masuk akal dan tentu akan sangat menarik bila memang jadi diterapkan.

Jadi kita tunggu saja kabar selengkapnya akhir tahun 2016 mendatang.

 

Baca juga artikel
15 Aplikasi di iPhone 6 yang Banyak Kasih Manfaat ke Kamu
Update iOS 9.2.1 Bikin Ngebut Performa iPhone Lama
Sophone i6, Replika iPhone 6 Paling Canggih Dibandingkan GooPhone i6

Artikel Lainnya

Komentar