9 Aplikasi Pendeteksi Gempa Dalam Smartphone Kamu

9 Aplikasi Pendeteksi Gempa Dalam Smartphone Kamu

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 03 Mar 2016 | 14:12

Gempa berkekuatan 7,8 skala richter mengguncang pantai pesisir barat pulau Sumatra, sekitar kepulauan Mentawai. Gempa ini pun berpotensi Tsunami sehingga membuat banyak orang panik. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara rawan gempa. Maka, ada baiknya kita selalu berhati-hati dengan memasang aplikasi pendeteksi gempa untuk mendeteksi gempa pada smartphone.

Beberapa pengembang pun mulai mendesain aplikasi untuk memberikan informasi dan peringatan apabila terjadi gempa dan tsunami. Di bawah ini, Pricebook coba sajikan 9 aplikasi pendeteksi gempa yang bisa digunakan diberbagai smartphone iOS hingga Android. Beberapa aplikasi bahkan bisa memberikan prediksi yang cukup baik mengenai skala gempa dan radius gempa.

Eartquake Alert!

Aplikasi pendeteksi gempa ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer diunduh. Bahkan aplikasi ini sudah diunduh di playstore 1 – 5 juta kali. Earthquake Alert! Bisa diunduh diberbagai jenis smartphone dengan ukuran file yang bervariasi sesuai versi sistem operasi.

Dalam aplikasi ini, akan terdapat berbagai fitur bermanfaat seperti berita tentang gemap yang baru terjadi di seluruh dunia, peta lokasi gempa, alarm gempa, peta satelit. Aplikasi ini bahkan sudah terhubung dengan beberapa lembaga geologi sehingga informasi semakin akurat.

Download aplikasi Eartquake Alert!

Vibration Meter

Aplikasi pendeteksi gempa berikutnya hadir dengan ukuran yang cukup kecil 2,7 MB dan bisa dijalankan pada Android versi 2.2 ke atas. Aplikasi pendeteksi gempa ini akan bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada smartphone Android yang akan mengukur getaran gempa.

Aplikasi ini akan memperingatkan berapa besar getaran atau gempa yang terjadi lengkap dengan dampak apa yang mungkin ditimbulkan oleh gempa tersebut. Aplikasi ini juga sudah dibekali dengan alarm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Download aplikasi Vibration Meter

Earthquake Detector

Aplikasi Android ini hanya sebesar 3,1 MB dan bisa dijalankan pada sistem operasi Android 2.3 ke atas. Aplikasi pendeteksi gempa ini hadir dengan user interface yang cukup sederhana, mirip tombol start pada komputer.

Walaupun sederhana, aplikasi ini memiliki fungsi dan manfaat yang cukup penting, Aplikasi ini akan memperingatkan kamu bila muncul getaran hebat akibat gempa. Peringatan ini bisa membuat kamu lebih waspada dan bisa segera menyelamatkan diri. Sama seperti aplikasi lainnya, Earthquake detector dibekali alarm yang cukup baik dan bisa disesuaikan.

Download aplikasi Earthquake detector        

Yurekuru Call

Untuk kamu pengguna iOS, kamu bisa mengunduh aplikasi pendeteksi gempa ini secara gratis di iTunes. Aplikasi ini akan memberikan peringatan dan informasi detail bila terjadi gempa. Kamu bisa mendapatkan info besar gempa, waktu dan titik pusat gempa. Ada juga informasi mengenai peta dan informasi peringatan dari berbagai lembaga BMKG international.

Download aplikasi Yurekuru Call

Quakes – Earthquake Notifications

Aplikasi ini hampir sama dengan Yurekuru call. Walaupun demikian, aplikasi ini lebih interaktif dan lebih baik secara tampilan. Aplikasi iOS ini menampilkan grafik hingga data gempa yang lebih akurat di bagian atas layar. Sementara untuk peta akan ditandai dengan warna. Warna dalam peta juga menunjukkan seberapa luas wilayah yang terdampak gempa.

Download aplikasi Quakes – Earthquake Notifications

Baca juga Gandeng Google Indosat Beri Peringatan Bencana Melalui SMS

Gempaloka

Gempaloka menjadi salah satu aplikasi pendeteksi gempa di BlackBerry. Walaupun hadir di smartphone belayar kecil, aplikasi ini cukup memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Gempaloka juga menampilkan lokasi, area yang terdampak hingga data penting lainnya. Aplikasi ini akan menghadirkan notifikasi baik bergetar dan LED merah.

Download aplikasi Gempaloka

Multi Measures

Aplikasi pendeteksi gempa ini memang bukan menghadirkan fitur khusus untuk mendeteksi gempa. Multi Measures memiliki 12 alat di dalamnya yang memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Diantara 12 alat tersebut, akan ada alat Seismometer merupakan alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi gempa.

Seismometer bisa mendeteksi getaran dan gerakan dari perangkat. Selain bisa membantu untuk mendeteksi gempa, alat ini juga bisa membantu untuk mengetahui seberapa halus gerakan mobil saat dilakukan test drive.

Download Multi Measures

Seismometer 6th

Seismometer 6th merupakan aplikasi pendeteksi gempa yang cukup berguna dan bermanfaat. Aplikasi ini bisa mendeteksi gempa, hingga mengecek kehalusan laju mobil. Aplikasi ini memiliki alarm dengan 3 level sensitivitas. Aplikasi ini bisa mengekspor data melalui email, suara alam yang bisa diatur, tersedia skala linear dan skala logaritma. Aplikasi Android ini hanya memiliki besaran 15 MB dan bisa dijalankan pada sisyem operasi Android 2.2.

Download aplikasi Seismometer 6th

BMKG – Info Gempa dan cuaca

Aplikasi ini dikembangkan oleh BMKG Indonesia. Aplikasi ini diharapkan bisa memberikan kemudahan informasi terkini cuaca dan gempa melalui smartphone. Kamu bisa mendapatkan informasi cuaca yang lengkap dari kecepatan angin hingga kelembapan udara. Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan informasi gempa yang akurat untuk wilayah Indonesia.

Dengan memasang aplikasi pendeteksi gempa di smartphone, setidaknya kamu bisa lebih waspada dan tentunya bisa segera menyelamatkan diri.

Download BMKG - Info Gempa dan Cuaca

 

Baca juga artikel:
5 Aplikasi Android Yang Masih Akan Populer di Tahun 2016
Menghapus Aplikasi Facebook iOS Tingkatkan Daya Baterai iPhone
Aplikasi Terbaik Untuk Merekam Kegiatan di Android

Artikel Lainnya

Komentar