WhatsApp di BlackBerry dan Nokia Dihentikan Akhir Tahun Ini

Oleh Aris Wibowo on Senin, 29 Peb 2016 | 20:20

Whatsapp Blackberry Stop

Aplikasi berbalas pesan, WhatsApp baru-baru ini mengumumkan akan menghentikan support untuk beberapa sistem operasi lama. Pemberhentian support ini akan berlangsung di akhir tahun 2016 dan menyasar sistem operasi BlackBerry dan Nokia.

Keputusan ini dibuat mengingat kedua sistem operasi ini sudah mulai berkurang penggunanya. WhatsApp tampaknya mencoba fokus dalam pengembangan aplikasi untuk sistem operasi yang dipakai lebih banyak pengguna.

Seperti diketahui, aplikasi kirim pesan instant ini hadir pada tahun 2009 dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan pada pengguna smartphone hingga saat ini. Aplikasi WhatsApp ini menawarkan tampilan yang simple dan bebas iklan. Tidak hanya itu, aplikasi WhatsApp juga memiliki berbagai fitur menarik yang memaksimalkan chatting dengan pengguna lainnya.

Dalam halaman blog resmi WhatsApp, dikatakan bahwa tidak akan mendukung lagi WhatsApp untuk BlackBerry dan Nokia. Artinya para pengguna BlackBerry dan Nokia lawas tidak bisa menikmati fitur-fitur baru di tahun mendatang. Secara detail, WhatsApp tidak akan mendukung lagi sistem operasi Blackberry 10. Lalu untuk Nokia, WhatsApp tidak akan mendukung lagi sistem operasi S40 dan Symbian S60. Tak hanya kedua sistem tersebut, kabar lain menyebutkan WhatsApp juga tidak akan mendukung lagi untuk sistem operasi Android 2.1 dan 2,2 hingga Windows phone 7.1.

Baca juga Update Terbaru WhatsApp Kini Grup Bisa Sampai 256 orang

Sayangnya, tidak dijelaskan apakah penghentian support ini berarti WhatsApp akan dihapus total dari toko aplikasi sistem operasi yang bersangkutan, atau hanya sekadar penghentian update saja dan WhatsApp masih bisa diunduh atau digunakan sistem operasi lama.  

Ketika WhatsApp pertama kali diluncurkan tahun 2009, pengguna perangkat mobile sangat berbeda dari sekarang. Kala itu, App Store dari Apple usianya masih beberapa bulan. Tidak hanya itu, sekitar 70 persen smartphone yang digunakan saat itu sistem operasinya Blackberry atau Nokia. Sedangkan sistem operasi yang ditawarkan Google hingga Microsoft mencakup jurang dari 25 persen.

Berbeda dengan saat ini yang justru Google dengan Android-nya sudah menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar. Diputuskannya penghentian dukungan di sistem operasi lama disebabkan WhatsApp menatap ke masa depan. WhatsApp ingin memfokuskan usaha pada platform mobile yang digunakan oleh banyak pengguna.

Maka WhatsApp pun menyarankan agar pengguna yang masih berada di sistem operasi BlackBerry dan Nokia hingga sistem Android dan Windows phone lama, segera berpindah ke sistem operasi yang lebih baru. Sehingga pengguna bisa mendapatkan update dan fitur terbaru dari WhatsApp setiap waktu.

 

Baca juga artikel
WhatsApp dan 16 Tips Menggunakannya Seperti Seorang Pro
Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger
4 Cara Terbaru dan Cerdas Mengunakan WhatsApp

Artikel Lainnya

Komentar