Freedom 251, Smartphone Termurah di Dunia Cuma 50 Ribuan Saja

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 29 Peb 2016 | 13:07

Freedom 251

Di pasar Indonesia, kamu mungkin bisa menemukan smartphone termurah yang dibandrol Rp 300 ribuan. Namun di India, perusahaan Ringing Bells meluncurkan smartphone termurah di dunia, seharga Rp 50 ribuan saja.

Smartphone termurah ini adalah Freedom 251, dijual secara online di India, menyasar seluruh kalangan masyarakat di negara tersebut untuk mencicipi teknologi digital tanpa harus khawatir mengeluarkan budget besar untuk membeli sebuah perangkat smartphone.

Dalam peluncurannya, Ringing Bells pun mengaku sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah India, dibuktikan dengan hadirnya Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar, saat peluncuran produk, serta menggunakan label “Made in India” pada smartphone ini.

Spesifikasi Freedom 251

Jaringan 3G
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Layar 4.5 Inch IPS qHD 960 x 540 piksel
Chipset Spreadtrum SC7731
Internal / RAM 8 GB / 1GB
Kamera 3,2MP & 3MP
Baterai 1.450 mAh  

Dijual dengan harga murah, spesifikasi yang diusung Freedom 251 cukup memadai untuk menunjang aktivitas harian para penggunannya. Pertama, ia hadir dengan dukungan panel layar sentuh IPS seluas 4.5 inci, mempunyai resolusi qHD 960 x 540 pixels.

Baca juga Harga Handphone Android Terbaru

Dilengkapi dengan tombol home fisik menyerupai iPhone, smartphone termurah ini pun dijalankan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop, ditunjang dengan prosesor Quad Core berkecepatan 1.3 GHz, RAM berukuran 1 GB, internal storage dengan kapasitas 8GB dan slot microSD yang dapat menampung hingga 32GB.

Tak lupa, Ringing Bells pun menyematkan fitur dual kamera pada smartphone termurah ini. Di sisi belakang, pengguna dapat memanfaatkan sensor berukuran 3.2 MP yang juga dilengkapi dengan fitur autofocus. Lalu di bagian depannya, kamu dapat memakai kamera berukuran 3MP untuk keperluan selfie.

Dilihat dari spesifikasinya, Freedom 251 dirasa cukup mampuni untuk menunjang aktivitas yang dilakukan penggunannya. Terlebih, ia pun dilengkapi dukungan baterai berkapasitas 1.450 mAh, serta slot SIM yang mampu menjangkau jaringan 3G.

Soal kualitas, harga memang tak pernah berbohong. Tapi, adanya smartphone termurah seperti Freedom 251 diharapkan turut hadir di Indonesia, sehingga membuat semua lapisan masyarakat dapat menikmati kemudahan hadirnya teknologi internet.

Dijual seharga 251 Rupee atau Rp 50 ribuan, saat ini Freedom 251 sudah dipesan sebanyak 70 juta unit. Sementara itu, situs resminya saat ini sudah menutup pemesanan, menyelesaikan proses produksi 25 batch pertama, lalu nantinya akan dijual secara offline sebanyak 25 juta unit.

Video smartphone Freedom 251

 

Baca juga artikel
5 Keunggulan Samsung Galaxy S7 Edge Dibandingkan iPhone 6s plus
Produk dan Teknologi Terbaik di MWC 2016 Sudah Diumumkan, Ini Daftarnya!
Lenovo Rilis Duo Vibe K5 dan Vibe K5 Plus Secara Diam-diam

Komentar