5 Keunggulan Samsung Galaxy S7 Edge Dibandingkan iPhone 6s plus

5 Keunggulan Samsung Galaxy S7 Edge Dibandingkan iPhone 6s plus

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 26 Peb 2016 | 19:12

Ajang MWC 2016 telah usai dan membawa Samsung Galaxy S7 Edge sebagai pusat perhatian. Smartphone ini hadir dengan dual layar lengkung yang cantik, meski secara desain, Samsung tidak menghadirkan banyak ubahan.

Bila dibanding seri Galaxy S6 Edge+, smartphone premium terbaru ini tampil lebih kompak dan nyaman digunakan. Apalagi, untuk bagian mesin, Samsung memasang mesin yang bertenaga yakni chipset Qualcomm Snapdragon 820 atau Exynos 8890. Prosesor ini juga disokong RAM 4GB dan kamera yang bersensor baru. Tak lupa, sudah terpasang layar 5,5 inci QHD 2560 x 1440 pixels dengan sokongan Super AMOLED.

Tahun lalu, Samsung menghadirkan Galaxy S6 dengan layar 5,1 inci, Galaxy S6 Edge 5,1 inci dan Galaxy S6 Edge+ 5,5 inci. Dan kali ini, Samsung mencoba lebih fokus pada kenyamanan pengguna dengan menghadirkan ukuran layar yang lebih kompak. Samsung Galaxy S7 menggunakan layar 5,1 inci. Sedangkan Galaxy S7 Edge menggunakan layar 5,5 inci. Ini berbeda bila dibanding seri Galaxy sebelumnya.

Penggunaan layar yang tidak biasa ini membuat persaingan kelas phablet tahun ini semakin memanas. Apalagi bila Samsung Galaxy S7 Edge dibandingkan dengan phablet lainnya dari Apple, iPhone 6S Plus. iPhone terbaru ini menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Pada bagian mesin, Apple menggunakan chipset A9 dengan RAM 2GB.

Lalu, apa saja keunggulan Samsung Galaxy S7 edge dibanding iPhone 6s Plus.

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge Vs iPhone 6s Plus

Samsung Galaxy S6 edge Spesifikasi  iPhone 6 Plus
LTE Jaringan LTE
5.1 inch curved, Super AMOLED Quad HD 1440 x 2560 pixel, 16M colors Layar  LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Android 5.0.2 (Lollipop) OS iOS 8
Exynos 7420 Octa Chipset  Apple A8
Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad Core 2.1.0 GHz Cortex-A57 CPU  Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based)
Mali-T760MP8 GPU  PowerVR GX6450
32&64&128 GB / 3GB RAM Internal/RAM  16&64&128 GB / 1GB RAM
16MP & 5MP Kamera  8MP & 1,2MP
Non-removable Li-Ion 2550 mAh Baterai Non-removable Li-Po 2915 mAh

Layar yang lebih lebar

Galaxy S7 Edge

Samsung dan iPhone sebetulnya sama-sama menggunakan layar berukuran 5,5 inci pada kedua perangkat. Namun, kalau diperhatikan lebih jauh, layar Galaxy S7 Edge tampil lebih luas dengan screen to body ration sekitar 76%. Ini tentu lebih menguntungkan bagi pengguna untuk menikmati video atau game. Apalagi, iPhone 6s Plus hanya menggunakan screen to body sekitar 67,9%. Layar ini tampak kecil saat Samsung Galaxy S7 Edge dan iPhone 6s Plus disandingkan. Layar smartphone Samsung tampak lebih lebar disebabkan juga penggunaan bezel yang lebih tipis.

Multitasking

Layar lengkung yang dihadirkan Samsung bukanlah pajangan. Layar ini membuat pengguna bisa memaksimalkan perangkat ini. Pengguna bisa men-swipe layar dan menghadirkan side panel. Side panel ini dapat menampilkan berita terbaru, kontak favorit, aplikasi favorit, dan shortcut lainnya. Side panel bahkan bisa digunakan untuk aplikasi pihak ketiga. Ini tentu sangat bermanfaat untuk pengguna yang gemar multitasking. Pengguna tidak perlu repot mencari aplikasi di homescreen dan app drawer. Inilah keunggulan penting smartphone Samsung Galaxy S7 Edge dibanding iPhone 6s plus.

Baca juga Harga Handphone Android Samsung Terbaru

Mode Always on display

Galaxy S7 Edge

Bila kamu salah satu pengguna Android yang beralih ke iPhone, kamu mungkin akan menyadari bahwa tidak ada cara termudah mengetahui pesan masuk atau notifikasi selain menyalakan layar perangkat. Menyadari hal tersebut, beberapa produsen menghadirkan multi colored LED Blinker yang akan berkedip memberitahu pemilik smartphone bahwa ada pesan atau notifikasi sebelum membuka layar.

Dalam Samsung Galaxy S7 Edge, samsung menghadirkan teknologi yang selangkah lebih maju. Samsung menghadirkan mode always on display. Dengan mode ini, smartphone premium terbaru ini akan tetap menampilkan informasi dasar di layar seperti jam, cuaca dan notifikasi seadanya. Tentu ini akan sangat membantu pengguna. Walaupun menyala terus, pengguna tak perlu khawatir, bila berada di tempat gelap seperti saku celana atau tas, mode ini akan otomatis mati sehingga tetap hemat daya.

Baterai dan wireless charging

Galaxy S7 Edge

Beberapa pengguna smartphone mungkin beranggapan, lebih baik memiliki smartphone dengan baterai yang lebih besar daripada smartphone yang lebih tipis. Hal ini beralasan karena baterai smartphone masih dianggap boros. Menyadari hal tersebut,Samsung galaxy S7 hadir dengan desain yang sedikit lebih tebal dibanding seri sebelumnya yakni 7,7 mm, sedangkan Galaxy S6 edge+ hanya 6,9 mm.

Walaupun tipis, Samsung menghadirkan baterai berkapasitas besar yakni 3600 mAh yang dikombinasikan dengan mode saving baterai yang lebih baik. Apalagi sistem Android Marshmallow 6.0 yang digunakan juga terbukti mampu lebih optimal menghemat baterai.

Tentu hal diatas cukup unggul, dibanding iPhone 6s plus yang hanya menggunakan baterai 2750 mAh. Walaupun kecil, iOS terkenal memiliki manajemen baterai yang cukup baik. Sayangnya, Samsung kembali unggul dengan hadirnya fitur Wireless Charging, sedangkan Apple tidak memilikinya.

Memori tambahan

Samsung akhirnya kembali menghadirkan slot microSD dalam Samsung Galaxy S7 Edge+. Ini artinya, pengguna bisa mendapat memori tambahan hingga 200GB. Padahal Samsung sudah menggunakan memori internal terbesar hingga 64GB. Coba dibandingkan dengan iPhone 6s Plus yang hanya menggunakan memori internal 16GB, 64GB dan 128GB. Seperti biasa, iPhone tidak dibekali slot microSD. Kamu juga bisa cek halaman perbandingan spesifikasi Galaxy S7 Edge VS iPhone 6s until hasil lebih detail.

Dari data diatas, bisa dikatakan Samsung Galaxy S7 Edge memang cukup unggul dibanding iPhone 6s Plus.

 

Baca juga artikel
Apa Yang Beda di Samsung Galaxy S6 edge VS Galaxy S7 edge?
Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy S7 Dari Galaxy S6
Komparasi LG G5 VS Samsung Galaxy S6 Edge+, Siapa Paling Tangguh?

Artikel Lainnya

Komentar