Plextor Siap Meluncurkan TLC SSD, Kapasitas Besar, Harga Lebih Murah

Plextor Siap Meluncurkan TLC SSD, Kapasitas Besar, Harga Lebih Murah

Oleh Evan Yazid Praditya on Selasa, 23 Peb 2016 | 19:03

Semakin menurunya harga SSD (Solid state drive) di pasar peripheral komputer membuat Plextor mengambil kesempatan untuk memproduksi TLC SSD yang notabene lebih murah namun kapasitasnya bisa lebih besar dibandingkan dengan MLC SSD.

Sebelum lebih jauh kita, akan sedikit bahas perbedaan dari MLC SSD dan TLC SSD. MLC SSD (Multi-level cell) memiliki 2 bit data di setiap cell nya. Memiliki kecepatan penulisan lebih lambat dibandingkan SLC (Single-level cell) dan memiliki umur pemakain rata-rata 3.000 sampai 10.000 P/E Cycle. Sedangkan untuk TLC (Triple-level cell) memiliki 3 bit data di setiap cell namun, kecepatan penulisannya lebih lambat dibandingkan dengan MLC dan memiliki kurang dari setengah siklus pemakaian MLC. Ketika dibandingkan dengan MLC SSD, TLC SSD dapat mencapai kapasitas yang sama dengan menggunakan chip NAND flash yang lebih sedikit, menghasilkan keuntungan biaya produksi. TLC juga disebut sebagai 3-bit MLC.Plextor TLC SSDTLC menggantikan MLC sebagai mainstream dalam pasar SSD. Hal ini sangat dimengerti karena kalangan konsumen khawatir mengenai umur pemakaian TLC. Ketika SSD MLC pertama kali menjadi populer, para juga khawatir mengenai umur pemakaian MLC dibandingkan dengan SLC. Akan tetapi, dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna dan berlalunya waktu, perhatian akan hal tersebut semakin berkurang. Tahun lalu, beberapa produsen menguji pasar dengan meluncurkan TLC SSD, tetapi hal ini tidak disukai oleh kalangan konsumen. Akan tetapi dengan peningkatan teknologi TLC NAND flash, TLC SSD telah berada di jalur yang tepat dan siap menjadi mainstream tahun ini.

Baca juga Harga Hard Disk SSD Terbaru

Pada tahun lalu, Plextor telah memfokuskan perhatiannya dalam meningkatkan umur pemakaian TLC SSD. Dengan menggunakan chip TLC NAND flash berkualitas tinggi, memilih kontroler terbaik yang cocok (otak dari sebuah solid state drive) dan menggabungkan firmware buatan sendiri, Plextor memiliki komitmen penuh untuk meningkatkan daya tahan dari TLC SSD dengan teknologi ekslusif mereka.

Plextor TLC SSD

Rumor yang ada kini adalah Plextor berencana meluncurkan TLC SSD pertamanya yang memiliki siklus P/E2.000, jauh diatas rata-rata yang ada di pasaran saat ini (Siklus P/E TLC sekitar 500 hingga 1.000) hal ini memastikan tingkat tertentu dari umur pemakaian yang diharapkan. Info lainnya, TLC SSD Plextor ini nantinya akan dapat digunakan bersamaan dengan software PlexTurbo. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kecepatan baca/tulis SSD, tetapi yang lebih penting adalah dapat menurunkan jumlah akses tulis, yang merupakan manfaat yang sangat besar bagi TLC SSD, karena faktanya semakin sedikit waktu tulis berarti mengkonsumsi semakin sedikit siklus P/E, sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian SSD.

Dengan adanya kabar ini kita harapkan Plextor akan segera merilis SSD berkapasitas lebih besar namun, dengan harga yang jauh lebih murah. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu sudah menggunakan SSD? Atau kamu masih menggunakan HDD?

 
Baca juga artikel
ADATA Luncurkan SSD Premier SP550 SATA 6Gb/s
Plextor Kenalkan SSD M.2 M6e Cocok untuk Notebook dan Motherboard
SSD 10TB Akan Menjadi Kenyataan Berkat Persaingan Intel dan Toshiba

Artikel Lainnya

Komentar