6 Permainan Tradisional yang Bisa Kamu Mainkan di Hape Android

6 Permainan Tradisional yang Bisa Kamu Mainkan di Hape Android

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 18 Peb 2016 | 12:15

Tak perlu diragukan lagi saat ini permainkan khas Indonesia seperti dakon, balap karung, permainan egrang dan banyak lagi permainan tradisional lain yang mulai dilupakan. Penyebabnya adalah modernisasi serta tidak ada usaha melestarikan permainan-permainan tersebut.

Selain itu serangan game-game moderen terkini, yang bisa dimainkan di smartphone Android, iPhone serta ponsel Windows juga menjadi penyebab semakin punahnya permainan tradisonal Indonesia.

Sebagai bangsa yang kaya akan kebudayaan dan juga tradisi, sudah selayaknya permainan-permainan tersebut kita lestarikan. Namun karena gesekan dengan teknologi yang semakin keras, maka bermain permainan tradisional dengan cara yang tradisional mungkin kurang disukai lagi, oleh sebab itu saat ini ada banyak sekali permainan-permainan tradisional yang diperkenalkan kepada generasi muda bangsa lewat aplikasi Android.

Kamu ingin tahu permainan-permainan tradisional Indonesia yang bisa dimainkan di smartphone Android kamu? Inilah mereka.

Permainan DakonGame Dakon

Yang lahir tahun sebelum tahun 90an pasti pernah memainkan permainan ini, yaitu Dakon. Permainan asli Indonesia ini sudah semakin jarang dimainkan dan banyak orang yang tak tahu cara membuat alat permainannya. Nama lain dari Dakon adalah Congkak dan juga Mancala.

Permainan tradisional ini bisa dimainkan oleh dua orang dan membutuhkan kecepatan dalam berhitung agar bisa memenangkan permainan. Permainan yang menggunakan papan dengan lubang-lubang serta biji Dakon yang biasanya terbuat dari cangkang kerang (bisa diganti dengan biji sawo atau yang lain).  Permainan Dakon versi Android ini bisa didownload ke smartphone Android dengan membuka Google Play Store. Ini link permainan Dakon.

Jika ingin main Dakon versi yang lain:

Balap KarungGame Balap Karung

Balap karung mungkin masih sering diperlombakan ketika ada acara 17-an memperingati kemerdekaan RI. Namun jika kamu saat ini sudah bukan anak-anak lagi maka balap karung mungkin sudah tak cocok lagi dimainkan. Jangan takut, saat ini kamu bisa mendownload permainan balap karung dari Google Play ke ponsel Android kamu.

Tak perlu spesifikasi smartphone Android yang terlalu tinggi karena game ini terbilang sangat ringan sekali dan mampu dimainkan pada OS Android 2.2 keatas. Game buatan AGD (Amikom Game Dev)  ini sangat mengasyikan dan mempunyai rating yang tinggi. Untuk mendownload game ini dengan ukuran 5,5 MB, silahkan download Balap Karung.

Permainan Egrang Master

Game Egrang

Permainan Egrang sudah hampir punah saat ini. Bahkan sudah agak jarang orang yang bisa berdiri dan berjalan dengan egrang untuk waktu yang agak lama. Permainan tradisional Indonesia ini memang asyik dimana kamu harus berjalan dengan engrang, yaitu tongkat yang terbuat dari batang bambu dan diberi pijakan agak tinggi.

Baca juga Game Transformer: Earth Wars Siap Puaskan Pengguna Android dan iOS

Sepintas egrang seperti kaki tambahan buat kamu sehingga kamu nampak tinggi. Permainan ini membutuhkan keseimbangan yang sempurna karena jika tidak maka kamu akan terjatuh. Namun jangan khawatir, saat ini kamu bisa bermain permainan egrang dengan hanya mendownloadnya di smartphone Android kamu. Game yang satu ini mempunyai kontrol yang bagus agar kamu bisa menyeimbangkan egrang dengan jari-jari kamu. Untuk mencoba permainan ini kamu bisa mendownload game Egrang Master buatan NED Studio. Yang lebih asyik kamu bisa login lewat FB dan share skor permainan egrang kamu.

Permainan Makan KerupukGame Makan Kerupuk

Permainan makan kerupuk adalah salah satu lomba yang paling sering diperlombakan saat peringatan kemerdekaan RI. Permainan ini memang sangat asyik dimana para peserta lomba harus memakan habis kerupuk yang digantung dengan tali dan tangan yang terikat.

Permainan makan kerupuk saat ini bisa dimainkan di ponsel Android dengan terlebih dahulu mendownloadnya di Google Play. Developer game Numatams telah mengubah permainan ini kedalam versi Android. Cara bermainnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu men-tap pada layar agar karakter kamu melompat. Butuh waktu yang tepat agar pada saat melompat bisa menggigit kerupuk yang digantung. Pada saat sedang mengunyah, karakter tidak bisa melompat. Ayo download permainan Makan Kerupuk.

Karapan SapiGame Karapan Sapi

Permainan tradisional karapan sapi adalah permainan terkenal dari Madura. Permainan yang menggunakan dua sapi yang dipacu agar berlari secepat-cepatnya ini sungguh mengasyikan, namun kamu tak perlu mengotori tubuh kamu dengan lumpur saat bermain permainan ini karena kamu bisa mengunduh versi androidnya ke smartphone kamu. Game karapan sapi buatan 7Langit ini menyediakan permainan yang tak kalah menarik. Kamu harus mengendalikan 2 ekor sapi dengan menggerakkan ponsel Android kamu ke kanan atau ke kiri agar terhindar dari halangan-halangan dan masuk ke garis finish. Segera download game Karapan Sapi untuk Androidmu!

Panjat PinangGame Panjat Pinang

Permainan panjat pinang juga sangat mengasyikkan dan hanya sedikit orang yang bisa memanjat sampai ke puncak dan mendapatkan hadiah-hadiah yang disediakan. Permainan Panjat Pinang saat ini juga ada versi Androidnya dan bisa dimainkan di ponsel Android versi 2.2 keatas. Game Panjat Pinang tersebut dibuat oleh AGD (Amikom Game Dev). Tanpad panjang lebar, ayo coba mainkan game Panjat Pinang ini!

 
Baca juga artikel
Ada 4 Jenis dan 11 Genre Game, Yang Mana Favorit Kamu?
5 Game Action Android yang Butuh Reflek Cepat dan Kejelian
Game Multiplayer Android Seru via Bluetooth dan WiFi

Artikel Lainnya

Komentar